Djames Marambur

Kinerja Wakil Rakyat Wondama Disoroti

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com – Ketua Dewan Perwakilan Masyarakat Adat (DPMA) Kabupaten Teluk Wondama, Djames Marambur menyoroti kinerja wakil rakyat daerah setempat.

“Banyak hal yang butuh pengawasan wakil rakyat di daerah ini. Tapi yang sering kita dengar justru wakil rakyat kita keluar masuk daerah dengan dalih bimbingan teknis,” kritiknya.

Kepada Cahaya Papua, Rabu (30/9) Djames menyebut tiga peran yang bisa dikerjakan wakil rakyat sesuai tugas pokok dan fungsinya yaitu pengawasan, legislasi dan bugeting (anggaran,red), belum dominan diperlihatkan kepada masyarakat.

“Seperti problem kelangkaan BBM, listrik maupun pelayanan instansi pemerintahan kepada masyarakat. Soal itu kan sebenarnya bisa terselesaikan dengan baik, apabila wakil rakyat kita mampu menjalankan tugas dan pengabdiannya secara total bagi masyarakat. Kenyataannya kan tidak demikian,” tukas Djames.

“Menurut saya wakil rakyat kita perlu buat tata tertib dewan, biar bisa bekerja dengan baik. Sebab jika betul – betul jalankan fungsi kontrolnya, pejabat daerah yang sering dinas luar daerah tanpa kejelasan, bisa kan ditegur gunakan kapasitas mereka sebagai wakil rakyat,” imbuhnya. |ADLU RAHARUSUN