Peta Provinsi Papua Baratarat.

KNPB Sorong Tolak Pemekaran Daerah

SORONG, CAHAYAPAPUA.com– Komite Nasional Papua Barat wilayah Sorong menolak rencana pemekaran kabupaten dan provinsi yang kembali diwacanakan di daerah tersebut.

Juru bicara KNPB Sorong Raya, Agustinus Aud mengatakan, pemekaran hanya merupakan alat bagi pejabat untuk meraih jabatan yang tidak berdampak langsung pada layanan pemerintahan.

“Ini hanya kepentingan orang yang rakus jabatan. Sampai sekarang masih banyak orang papua yang hidup dalam kekurangan, mama-mama papua masih berjualan di pinggiran pasar,” kata Agustinus, di kampus Universitas Kristen Papua (UKIP) Sorong, Selasa kemarin.

Menurut Agustinus, pemekaran daerah bukan jalan keluar yang baik bagi masyarakat di Papua, justru menurutnya Papua membutuhkan referendum.

“Orang yang sering berbicara mengenai pemekaran itulah orang yang mencari makan dan minum untuk dirinya sendiri, dengan mengatasnamakan masyarakat Papua,” imbuh dia. “Kami akan melakukan aksi penolakkan besar-besaran terhadap pemekaran di tanah Papua,” tegas Agustinus.

Agustinus juga menyesalkan kecenderungan elit politik Papua yang ketika gagal menyusulkan pemekaran akan memakai isu Papua merdeka untuk menekan pemerintah pusat.

“Semua itu hanya tipu daya. Stop tipu sudah, nanti kalau pemekaran tidak jadi, baru kamu (pejabat) datang ke daerah terus bicara soal Papua merdeka. Bikin begitu supaya pemerintah pusat kabulkan keinginan, semua itu tipu,” tegas Agustinus. |NASIR