Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Foto : Ist

KNPI PB Desak Pelaku Perusakan Sekretariat di Kaimana Ditindak

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– DPD KNPI Papua Barat mendesak pemda Kaimana dan kepolisian setempat mengusut tuntas motif dan pelaku dibalik perusakan sekretariat DPD KNPI Kaimana, Rabu (19/11/2014) lalu.

“Aksi perusakan oleh beberapa oknum pemuda disana merupakan pelecehan terhadap KNPI sebagai institusi kepemudaan di Indonesia,” kata Sekretaris DPD KNPI Papua Barat Amin Ngabalin dalam jumpa pers di Manokwari, Jumat (21/11/2014).

Menurut Amin, setelah mendapat informasi perusakan tersebut, KNPI Papua Barat langsung menggelar rapat bersama pengurus KNPI Papua Barat untuk mengambil sikap.

“Untuk itu kami meminta dengan tegas kepada kepolisan Kaimana untuk menindak tegas pelaku perusakan sesuai Undang-Undang yang berlaku,” Amin Ngabalin menyampaikan.

Amin menjelaska,n menurut kesaksian warga sekitar, sekretariat DPD KNPI Kaimana didatangi kurang lebih 9 orang pemuda tak dikenal sekitar pukul 20.00 WIT. Kerusakan kemudian terjadi.

Amin menyayangkan perusakan itu. Ia menilai hal itu merupakan premanisme yang tidak layak dilakukan oleh oknum-oknum pemuda itu dalam penyelesaian masalah.

“Premanisme itu telah mencederai dan melecehkan martabat KNPI sebagai institusi kepemudaan yang diakui UU Ormas UU Kepemudaan di Indonesia,” ia menegaskan.

DPD KNPI dalam waktu dekat mengutus tim investigasi, yang juga ditugaskan melakukan komunikasi dengan komponen pemuda di daerah itu, termasuk aparat berwajib dan pemerintah daerah.

“Bila hasil penyidikan menunjukkan adanya keterlibatan pengurus demisioner DPD KNPI Kaimana, maka DPD KNPI Provinsi Papua Barat akan segera mengambil sikap organisasi tanpa menghilangkan proses hukum,” kata Amin. | RIZALDY TARAFANUR

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan