Ilustrasi

Kodim Kumpul Tokoh Masyarakat dan Aparatur Pemda

MANOKWARI, CAHAYAPAPU.com—- Komando Distrik Militer 1703/Manokwari, kemarin, mengumpulkan sejumlah tokoh masyarakat dan aparatur Pemda Manokwari sebagai upaya lembaga ini meningkatkan relasi sosial.
Pertemuan yang berlangsung cukup lama tersebut digelar di Aula Markas Kodim 1703/Manokwari yang berlamat di Brawijaya, Manokwari.
Dandim 1703/Manokwari, Stefanus Satrio Aribowo menjelaskan, pertemuan ini merupakan upaya TNI AD untuk untuk mendorong suksesnya pembangunan daerah ini, yang berkaitan dengan peran TNI.
“Sesuai Undang-Undang, salah satu tugas TNI adalah membantu pemerintah daerah, sehingga melalui komunikasi ini, kami harap terjalin hubungan yang baik,” kata Dandim.
Ia berharap pertemuan tersebut melahirkan masukan-masukan yang kontruktif bagi TNI, sehingga TNI bisa bersinergi secara baik dengan masyarakat dan pemerintah dalam menjalankan tugas-tugas sosial.
Kodim 1703/Manokwari menyatakan telah menjalin kerjasama dengan beberapa instansi pemerintah daerah dan vertikal dalam tujuan yang sama, antara lain Dinas Sosial, Kesabangpol, Bulog, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, BKKBN, dan beberapa Bank yang berbasis di Kota Manokwari.
Usai pertemuan tersebut, Dandim berbicara kepada pers menegaskan agar seluruh organisasi yang melakukan aktivitas di Manokwari mendaftarkan diri kepada Kesbangpol.
Ia mengatakan salah satu alasan mendaftarkan diri ke Kesbangpol agar organisasi yang bersangkutan dapat membantu menyalurkan bantuan sosial yang ada di Kesbangpol.
“Jika ada organisasi tidak terdaftar, organisasi tersebut telah menyalahi aturan dan tidak mengakui UUD dan Pancasila sebagai dasar organisasi, Termasuk organisasi-organisasi yang tidak terdaftar dengan dasar yang bertentangan,” kata Dandim.
“(Juga) tidak dibenarkan organisasi terlarang berada di tengah-tengah masyarakat,” tambah dia. |ADITH SETYAWAN