Dandim 1703 Manokwari Letkol Inf Andy Parulian

Kodim Manokwari Bersihkan Lokasi Bekas Kebakaran

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Komando Distrik Militer 1703 Manokwari, Sabtu (26/3) membersihkan lokasi bekas kebakaran yang terjadi komplek Arkuki, Manokwari.

Komandan Distrik Militer 1703 Manokwari Letkol Inf Andy Parulian mengatakan, kegiatan itu untuk meringankan beban para korban. Disisi lain hal itu dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan pasca kebakaran tersebut.

Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari tugas sosial Tentara Nasional Indonesia (TNI). Personil yang dilibatkan dalam kegiatan itu sebanyak 50 orang. 30 personil dari Kodim 1703 Manokwari, 20 personil lainya dari personil Batalyon 752 Kompi Arfai Manokwari.

Dandim mengatakan, pembersihan akan dilakukan hingga seluruh puing bekas kebakaran tersebut bersih. Dengan demikian, proses pembangunan bisa segera dilaksanakan.

Dia menyebutkan, pembersihan itu dilaksanakan bersama warga dan personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Papua Barat, Wayan Patiyasa mengatakan, korban kekabaran saat ini sudah dalam kondisi yang aman. Awalnya mereka mengungsi di Masjid, namun saat ini mereka sudah tinggal bersama keluarga masing-masing.

Menyusul peristiwa itu, pemerintah provinsi Papua Barat sudah menyerahkan bantuan kepada korban sebesar Rp.50 juta. Pemerintah pun akan berupaya memberikan bantuan material pembangunan rumah tersebut.

Seperti diketahui, Sabtu (19/3) lalu, kebakaran menimpa perumahan di komplek padat penduduk di komplek Arkuki. Sebanyak enam unit rumah, dan beberapa rumah kost dilalap  amukan jago merah.

Kejadian itu cukup menyita perhatian warga, hingga mereka berjibaku untuk memadamkan api saat itu. Lokasinya yang berada ditengah kompleks pemukiman padat, hal itu mempersulit proses pemadaman.

Satu unit mobil pemadam kebakaran, tujuh mobil tangki air serta satu unit mobil water canon milik Polda Papua Barat dikerahkan. Namun mobil tersebut sulit menjangkau titik api , sebab jalan menuju lokasi kebakaran itu sangat sempit.(ICL)

Tinggalkan Balasan