Tanaman hidroponik yang dikembangkan Kodim Manokwari.

Kodim Manokwari kembangkan pola penanaman hidroponik

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kodim 1703/Manokwari, Papua Barat, mengembangkan pola pertanian hidroponik untuk mengembangkan teknologi pertanian di Manokwari.

Kepala Perwira Seksi Terirorial Kodim 1703/Manokwari Lettu Prapto Widodo di Manokwari, Kamis, mengatakan saat ini teknologi tersebut sudah dilaksanakan area markas Kodim.

“Selanjutnya akan kita tularkan kepada warga. Kita ingin teknologi ini familier bagi masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, teknologi hidroponik mudah siterapkan dan tidak memerlukan anggaran besar. Sehingga masyarakat bisa menerapkan teknologi tersebut.

Saat ini, kata dia, Kodim menanam sejumlah tanaman seperti cabai, tomat, sawi, dan kangkung melalui teknologi tersebut. Berikutnya, ia akan mencoba menanam melon melalui pola penanaman yang sama.

“Selain panen sayur, nanti kita bisa panen lele. Karena penanaman pola hidroponik ini kita lakukan diatas kolam,” sebutnya.

Dalam waktu dekat, lanjut Prapto, pihaknya akan mengumpulkan seluruh bintara pembina desa untuk mengikuti pelatihan yang akan dilaksanakan di Markas Kodim yang berada di Manokwari.

Selanjutnya, mereka akan disebar ke wilayah tugas masing-masing untuk mendampingi masyarakat menerapkan teknologi tersebut.

Pola tanam hidroponik, kata dia, tidak memerlukan pupuk kimia, sebab pihaknya juga telah mengembangkan produksi pupuk dan obat serangga organik yang aman.

Prapto menjelaskan, teknologi ini mengandalkan sirkulasi air kolam. Bahan baku atau peralatan yang digunakan adalah pipa peralon.

“Air dari kolam kita alirkan ke peralon-peralon yang menjadi media tanam. Selain dari pupuk organik, tanaman akan memperoleh nutrisi dari air kolam. Ini teknologi sederhana yang mudah dikembangkan,” pungkasnya. (ibn)

Tinggalkan Balasan