Kasdim 1703 Manokwari, Mayor Arie Sutanto saat menyerahkan kunci kepada istri veteran di Arowi II.

Kodim Manokwari Laksanakan Bedah Rumah Pejuang

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Komando Distrik Militer 17 03 Manokwari melaksanakan program bedah rumah bagi para pejuang di daerah ini. Program ini dilaksanakan bersama Unit PKBL PT PP dan PT PELINDO II Manokwari.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1703 Manokwari, Letkol Inf Andy Parulian Simanjuntak mengatakan, program ini cukup berarti untuk membantu para pejuang yang selama ini menempati rumah yang tidak layak huni. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan kepada Veteran.

Tahun ini, pihaknya membangun sebanyak tujuh unit rumah. Proses pembangunan sudah dilaksanakan sejak Januri 2016. Ia berupaya agar program tersebut dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

“Sampai saat ini sudah dikerjakan enam unit rumah dan tinggal satu unit masih dalam tahap pengerjaan. Awalnya anggaran yang disiapkan, hanya untuk proses rehabilitasi rumah. Namun di lapangan ada lima rumah yang terpaksa dirobohkan dan dibangun ulang,” kata dia.

Dandim menyebutkan, Selasa(29/3) pihaknya menyerahkan kunci rumah kepada istri veteran di kampung Arowi II, Kelurahan Pasir Putih Distrik Manokwari Timur. Penyerahan yang dilakukan Kepala Staf Distrik Militer 1703 Manokwari, Mayor Arie Sutanto itu merupakan rumah ke 6 dari 7 unit yang menjadi target Kodim tahun ini.

“Pepatah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa para pahlawan. Kami berupaya untuk menerapkan itu. Saya pun berharap semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat tidak melupakan jasa mereka terhadap negeri dan bangsa ini, sebab, berkat perjuangan mereka kita bisa menikmati kemerdekaan seperti saat ini,” kata Dandim.

Pada penyerahan kunci rumah itu, pihak keluarga memberikan cenderamata piring adat kepada Kasdim 1703 Manokwari sebagai wujud terima kasih keluarga kepada Kodim atas pembangunan rumah layak huni tersebut. (ICL)

Tinggalkan Balasan