Kodim Sorong mengumpulkan ratusan Babinsa dan Danramil di Aula Makodim Sorong kemarin. Dalam pertemuan itu para Babinsa dan Danramil ditekankan untuk menjaga keamanan, menciptakan situasi yang damai dan kondusif di wilayah tugas.

KODIM Sorong Kerahkan Semua Personil Backup Pengamanan Pilkada

SORONG, CAHAYAPAPUA.com— Komandan Kodim 1704/Sorong, Letkol Inf. Aulia F. Dalimunte mengatakan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Sorong Selatan pada 09 Desember 2015 mendatang.

“Kami di Kodim 1704 Sorong ada membawa dua wilayah yang melaksanakan Pilkada, yaitu Raja Ampat dan Sorong Selatan, kami juga sudah berkoordinasi dengan Kapolres di dua kabupaten untuk membackup anggota polisi,” tutur Aulia, Selasa (24/11).

Dandim menambahkan, pihaknya akan mengerahkan semua anggotanya untuk membantu pelaksanaan Pemilu. Selain itu juga Kodim membutuhkan adanya pasukan cadangan yang nantinya akan meminta bantuan kepada Komandan Korem 171/PVT.

“Kami butuhkan pasukan cadangan dan nanti akan dibantu dari Batalyon 752/VYS, dengan kekuatan satu SSD yang berjumlah 30 orang. Selain itu kami juga dukung oleh Satgas 309. Kita juga sudah koordinasikan dengan Danyon,” ujarnya.

Aulia mengingatkan anggotanya agar selalu berpegang teguh netralitas TNI, dan tidak terpengaruh dengan ajakan oknum-oknum saat pelaksanaan Pilkada. “TNI harus netral dalam pelaksanaan Pilkada tanggal 09 Desember 2015 mendatang, jika ada yang terlibat politik kita akan beri sanksi tegas,” tegasnya.

Selain anggota TNI, sebelumnya, Kapolres Sorong Selatan, Kompol, Madun Patty Narwawan mengatakan, pihaknya juga siap mengamankan pelaksanaan Pilkada di wilayah hukumnya.

“Kami siap mengamankan pelaksanaan Pilkada diwilayah kami, bahkan kami dibantu oleh satuan Detacemen B Brimob Polda Papua Barat,” ujar Madun. |NASIR