Komunitas motor asal Manokwari berpose di jalan utama Kota Wasior sebelum bertolak kembali ke Manokwari. Mereka berhasil melibas Jalan Trans Papua Barat Rute Manokwari-Wasior.

WASIOR, Cahayapapua.com— Komunitas motor asal kota Manokwari berhasil menaklukkan jalan Trans Papua Barat rute Manokwari-Wasior.

Bertolak dari kota Manokwari pada Jumat pagi, rombongan yang menggunakan 15 motor tiba di kota Wasior pada Sabtu petang. Mereka melibas ruas jalan yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian sepanjang kurang lebih 500 Km itu selama sekitar 18 jam.

Bondan Santoso, koordinator turing Manokwari-Wasior ditemui di Wasior, Senin pagi sebelum bertolak kembali ke Manokwari mengaku sangat puas dan bangga bisa menjajal jalan Trans Papua Barat yang melintasi tiga kabupaten yakni Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan dan Teluk Wondama.

“Yang mendorong kami melakukan turing ini karena penasaran mau lihat bagaimana bisa tembus ke Wasior dari Manokwari dengan motor. Kami senang sekali bisa tembus sampai di Wasior,” ujar Bondan yang mengaku tidak ada kendala berarti yang didapat sepanjang perjalanan.

Dari hasi turing itu, diketahui ruas jalan Manokwari-Wasior sudah hampir rampung. Secara umum badan jalan sudah bisa dilewati kendaraan. Hanya tersisa dua titik jembatan yang masih dalam pengerjaan.

“Jalan sudah bagus, tinggal satu jembatan di dekat  Karwan, Distrik Wamesa (Teluk Wondama). Jalan sudah keras. Ada dua titik saja yang masih seperti. Kalau jembatan sudah jadi saya pikir (mobil) hilux sudah bisa lewat,” jelas anggota Komunitas Trail Manokwari (KTM) yang juga Kepala Dinas Persandian dan Kominfo Kabupaten Manokwari.

Wakil Ketua Wondama Trail Club (WTC) Zulkarnain Bian menyatakan pihaknya juga sedang mempersiapkan turing Wasior-Manokwari. Keberhasilan komunitas motor Manokwari melibas jalan Manokwari-Wasior membuat mereka kian bersemangat untuk secepatnya bisa menjajal ruas yang sama.

“Kami pasti akan menjajal jalan Wasior-Manokwari karena sebenarnya dari tahun lalu kami sudah rencanakan untuk turing ke Manokwari,” kata Zul. (brv)

Leave a Reply