Kongres Advokat Indonesia, Sorong-Papua Barat

Kongres Advokat Indonesia Uji 26 Calon Advokat dari Papua Barat

SORONG, Cahayapapua.com—- 26 calon advokat yang tergabung dalam Kongres Advokat Indonesia (KAI) Sabtu pekan lalu mengikuti ujian calon advokat (UCA), di City View Hotel Kota Sorong, Papua Barat.

Wasekjen DPP KAI Jhon Jeski Sada,mengatakan ujian calon advokat tersebut merupakan yang pertama kali digelar di Papua Barat dan diikuti peserta dari sejumlah kabupaten/kota di Papua Barat.

“Ujian ini baru pertama kali di Papua Barat. Kami bangga dan berharap para advokat yang lulus nanti dapat bermanfaat membantu masyarakat sebagai kontrol pelaksanaan penegakkan hukum,” ujarnya.

Sistem perektrutan advokat melalui KAI mengacu pada UU  18/2003 yang dimulai dengan ujian, pendidikan PKPA yang meliputi 16 materi utama dan terakhir pelantikan sebagai advokat.

Dalam materi UCA selama 1 hari penuh Sabtu lalu, para calon diuji mengenai hukum acara pidana, perdata dan mahkamah konstitusi serta hukum acara perdata agama serta sejarah KAI dan kode etik advokat.

Setelah ujian tersebut para peserta akan menunggu selama 14 hari untuk dinyatakan lolos mengikuti pendidikan PKPA.

“Setelah mengikuti seluruh tahapan tersebut, barulah yang bersangkutan dianggap sebagai advokat, dan dapat menjalankan profesi advokat,” katanya.

Pey Pinturi, peserta ujian, menyatakan bersyukur bisa mengikuti ujian calon advokat melalui KAI yang menurutnya memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin menjadi advokat dan siap beracara dengan ketentuan-ketentuan yang mudah untuk dilalui. (JOS)

Tinggalkan Balasan