Konsumsi Buah Perkecil Resiko Sakit Jantung

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Satu lagi manfaat mengkonsumsi buah dan sayur bagi tubuh. Data dari Eurepean Society of Cardiologi menunjukkan makan buat setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

Peneliti mengamati tidak kurang dari 451.680 peserta selama tujuh tahun. Peserta diminta untuk melaporkan konsumsi buah dalam beberapa golongan, yaitu “tidak pernah”, “bulanan”, “1-3 hari per pekan”, “4-6 hari per pekan”, atau “setiap hari”.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa orang yang makan buah setiap hari mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 25 sampai 40 persen. Selain itu, mereka yang rajin mengkonsumsi buah juga memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan stabil.

“Studi sebelumnya juga menyebut bahwa jeruk, lemon, anggur-angguran, dan sayuran hijau efektif menekan risiko penyakit jantung,” kata peneliti.

Selain dengan mengkonsumsi buah, olahraga teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung sejak dini. Peneliti dari European Heart Jurnal menjelaskan bahwa olahraga dapat meningkatkan faktor-faktor pertumbuhan yang mengaktifkan sel-sel aktif dan memperbaiki jantung.| SUMBER: TEMPO