PT.SDIC Semen Indonesia

Kontribusi Pabrik Semen Maruni untuk Manokwari Sudah Ada

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Meskipun belum berproduksi, PT.SDIC Semen Indonesia yang berlokasi di Kampung Maruni, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, telah menambah pendapatan asli daerah untuk Kabupaten Manokwari.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Manokwari Ferri Lukas, mengatakan, meskipun pabrik semen belum berproduksi, tetapi PAD yang masuk ke daerah sudah ada. Pendapatan itu berasal dari beberapa sektor, terutama dari tambang.

“Memang pabrik semen masih dalam tahap pembangunan, tetapi telah berkontribusi dari bahan galian C yang digunakan. Sementara yang besar dari sektor itu,” katanya, baru-baaru ini.

Menurutnya, jika nantinya pabrik tersebut telah beroperasi maka diperkirakan pendapatan daerah di Kabupaten Manokwari akan meningkat cukup besar. Diperkirakan PAD dari pabrik tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

Selain itu, beberapa sektor lainnya juga akan mendapatkan tambahan penghasilan lainnya, seperti disektor pajak terhadap tenaga kerja asing yang bekerja di pabrik tersebut.

Kedepan dengan beroperasi pabrik tersebut, diharapkan harga semen di Papua dapat lebih murah, karena saat ini harga semen di Papua masih terbilang mahal, dikarekan bahan bangunan tersebut harus didatangkan dari luar pulau Papua. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM