Aksi coret coret baju pelajar SMA/SMK di Manokwari saat merayakan kelulusan di sekitar jalan Yos Sudarso depan Hadi Mall. Di tempat terpisah, Satlantas Polres Manokwari sempat menahan sejumlah kendaraan yang dipakai para pelajar ugal-ugalan di jalan raya.

Konvoi Kelulusan Nyaris Berujung Maut

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pelajar Tingkat SMA /SMK di Manokwari, Selasa (2/5) kemarin, merayakan kelulusan dengan cara konvoi keliling kota menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Luapan kegembiraan dengan cara konvoi usai mencoret seragam sekolah, sudah menjadi tradisi tahunan yang sulit terhindari.

Sayangnya, aksi ugal – ugalan saat konvoi sangat membahayakan jiwa. Seperti insiden yang terjadi di ruas Jalan Yos Sudarso.

Seorang siswa pengendara motor Revo dengan Nomor Polisi PB2937 diserempet mobil Toyota Hilux Nomor Polisi DS 8341 DB tepat di seberang jalan Koramil Kota.

Saat itu kepala siswa pengendara motor Revo terjerembap di bawah mobil double gardan tersebut, namun tidak sampai membuat nyawanya melayang.

Hal ini tak lepaS dari kesigapan pengendara mobil yang  mengemudikan kendaraannya di bawah rata –rata. Fiki Padwa Pelajar SMK 3 Jurusan Teknik Mesin yang di temui Cahaya Papua mengaku, coret-coret baju merupakan bentuk kegembiraan setelah tiga tahun mengenyam pendidikan di bangku sekolah.

“Saya bangga karena lulus menyelesaikan pendidikan di tingkat SMK, jadi bersama teman – teman coret seragam,” kata Fiki mengaku ingin melanjutkan pendidikan di UNIPA.


Pengamanan Polisi

Sementara itu,  Kur Bin Ops Satuan Lalulintas Polres Manokwari Ipda Patmadi, mengatakan, pengamanan konvoi kelulusan siswa -siswi SMA/ SMK sudah menjadi program rutin setiap tahun.

Lanjut dia, sekitar puluhan kendaraan roda dua terjaring razia dan kini kendaraannya diamankan di Mapolres Manokwari. “Yang kami jaring pelajar yang tidak menggunakan helm saat berkendara. Benar, tadi ada insiden kecelakaan antara pengendara motor dengan mobil, tapi tidak berakibat fatal,” kata Patmadi terkait insiden Lakalantas di Jalan Yos Sudarso.

Pantauan media ini, pada ruas jalan Yos Sudarso sempat macet akibat insiden dimaksud. Ruas jalan kota Manokwari juga tumpah ruah dengan konvoi kelulusan pelajas SMA/ SMK. Maklum saja sebagian besar sekolah menengah atas dan kejuruan mengumumkan kelulusan siswanya secara bersamaan. (mar)

Tinggalkan Balasan