Eli Wanma, anggota DPRD Manokwari

Koordinasi dinilai tak jalan, DPRD soroti penyerapan infrastruktur

MANOKWARI, Cahyapapua.com— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manokwari, kembali menyoroti penyerapan pembangunan sejumlah infrastruktur yang menggunakan APBD tahun 2017.

Pasalnya, koordinasi antar lembaga eksekutif dan legislatif dinilai tak jalan hingga masa laporan pertanggung-jawaban penggunaan APBD 2017 tersisa 2 bulan.

“Sampai sekarang progres lintas koordinasi serapan anggaran, belum dilaporkan kepada kami komisi atau bidang yang membidangi hal ini. Kita harap disisa waktu 2 bulan terakhir sebelum tutup tahun anggaran, progres pencapaian anggaran dapat tercapai sesuai dengan yang ditergetkan eksekutif dan legislatif, karena lembaga ini haruslah berjalan seiring seirama,” kata Anggota Komisi C DPRD Manokwari Elly Wanma, Senin (23/10/2017).

Dikatakan, adanya laporan fisik tersebut dapat menjadi acuan dalam penyusunan program kerja yang berkesinambungan dan terkontrol kedepannya.

Selain itu, beberapa besaran serapan anggaran dari target jenis pengerjaan fisik yang telah dilakukan Pemda Manokwari sesuai agenda pembahasan sejumlah program kerja yang dijabarkan dalam dokumen APBD tahun 2017.

“Hingga kini belum terlihat bentuk fisik laporannya dari lembaga eksekutif (Pemda) kepada pihak kami,” ujarnya.

Ia menilai, belum terlihatnya pembangunan yang diprogram Pemda, tak terlepas dari lambatnya pembagian Dokumen Pelaksanaan Anggara (DPA) kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Kami harap SKPD bisa langsung menindaklanjuti kegiatan yang diserahkan oleh bupati melalu DPA sesuai teknis dan tupoksi yang berlaku,” tutup Wanma. (cr-80) 

Tinggalkan Balasan