Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah XIV Papua dan Papua Barat, Dr. Suriel S.Mofu, Spd.M.Ed, M. Phil. Elyas Estrada/Cahaya Papua

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah XIV Papua dan Papua Barat Suriel S.Mofu, mengatakan, perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah Papua Barat, punya potensi untuk bertransformasi menjadi universitas.

“Semua PTS di Papua Barat berpotensi menjadi universitas. Tinggal kembali ke manejemen dari yayasan perguruan tinggi bagaimana menyiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk meningkatkan status perguruan tingginya,” kata Mofu kepada wartawan, Rabu (21/2).

Ia mencontohkan seperti akademi menjadi politeknik, atau sekolah tinggi menjadi institute ataupun universitas. Itu suatu hal yang mungkin bisa terjadi karena pendirian sebuah perguruan tinggi tidak lagi terpusat, namun bisa dilakukan didaerah setempat.“Kalau sebelumnya diurus di Jakarta, mulai tahun depan bisa di daerah. Misalkan di Biak – Papua. Bisa langsung diurus di wilayah tersebut,” ucapnya.

Mofu melanjutkan,saat ini terdapat 60 PTS yang terdaftar di kopertis wilayah XIV. Rinciannya,  42 PTS di Provinsi Papua dan sisanya, 18 terdapat di Provinsi Papua Barat. Mengenai akreditasi PTS, Mofu memastikan 40 PTS menyandang akreditasi B, sedangkan 20 PTS lainnya didorong untuk meningkat statusnya menjadi akreditasi A.“60 PTS di kopertis wilayah XIV sudah  akreditasi B. Tahun 2020 semua PTS  ditarget bisa terakreditasi A,” tukasnya. |Elyas Estrada

 

Leave a Reply