HUT RI 72 LOGO (semangat persatuan)

Koramil bersama BMP Mansel gelar sosialisasi nasionalisme di Mansel

RANSIKI, Cahayapapua.com— Petugas Keamanan dari koramil Ransiki bersama Barisan Merah Putih (BMP) Kabupaten Manokwari Selatan, Sabtu (5/8/2017) lalu, menggelar sosialisasi jiwa nasionalis kepada sejumlah warga di wilayah tersebut.

Sosialisasi ini dilakukan dalam bentuk pemasangan Bendera Merah Putih di halaman warga yang belum sempat memasangnya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Repoblik Indonesia ke-72.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Koramil Ransiki Lettu Inf Danny Purnomo B. “Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk dukungan kepada warga Manokwari Selatan dalam menyemarakkan HUT RI yang ke 72, kita berharap perayaan kali ini lebih semarak di banding tahun-tahun sebelumnya,” tutur Purnomo saat dikonfirmasi via telepon selulernya.

Disampaikan, secara keseluruhan warga Mansel dalam menyambut HUT-RI sudah cukup antusias. Aksi pemasangan bendera ini adalah upaya untuk mempertahankan serta meningkatkan semangat yang sudah ada, memperjelas bahwa menaikkan bendera pada momen ulang tahun kemerdekaan adalah hal yang sakral.

“Secara umum masyarakat sangat berantusias, justru ini yang kita mau pertahankan, sehingga bagi setiap rumah yang belum menaikan bendera kita pasangkan, kita kuatir kalau tidak ada tindakan bagi warga yang tidak menaikkan bendera bisa dijadikan contoh bagi warga yang lainnya, akhirnya lama kelamaan tradisi yang sakral ini bisa luntur kedepan,” jelasnya.

Disampaikan pula, bagi warga yang belum menaikkan bendera bukan berarti mereka tidak mau, namun ada banyak hal yang bisa mempengaruhinya, oleh sebab itu sebagai petugas yang ada di lapangan mereka merasa wajib untuk memberikan solusi. Diharapkan hal ini bisa menjadi pelajaran di tahun-tahun mendatang.

“Kami merasa bahwa tindakan ini bisa lebih manjur untuk mengingatkan warga dibanding dengan menegur mereka, kita tau bahwa pak bupati sendiri telah mengeluarkan imbauan agar ornamen kemerdekaan segera dinaikkan, sehingga tidak ada salahnya kita mencoba melanjutkan imbauan pak bupati ini dengan metode yang kami pilih,” terangnya. (acm)

Tinggalkan Balasan