Korea Utara Tutup Pintu bagi PBB

CAHAYAPAPUA.com Setelah membuka pintu bagi kunjungan tim penyelidik Perserikatan Bangsa-Bangsa, juru bicara Korea Utara di PBB, Kim Un-chol, mengancam, undangan tersebut akan dibatalkan jika laporan tahunan kasus kemanusiaan di Korea Utara tidak diturunkan sebelum Sabtu, 1 November 2014.

Walau demikian, jadwal kunjungan telah dikirim PBB kepada Korea Utara. Kunjungan akan tetap terlaksana. Dikutip dari Associated Press, Jumat, 31 Oktober 2014, Stavros Lambrinidis dari Uni Eropa akan berkunjung ke Korea Utara pada Maret 2015.

Ihwal ancaman Korea Utara tentang pembatalan undangan, PBB belum memberikan komentar. Sebelumnya, kantor perwakilan Uni Eropa di Brussels telah menerima konfirmasi bahwa Korea Utara akan bertemu dengan Lambrinidis.

Berdasarkan penyelidikan awal tahun ini, komisi PBB yang menangani masalah pelanggaran hak asasi memperingatkan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, untuk bertanggung jawab atas masalah hak asasi manusia di negara itu, seperti rekomendasi yang terdapat dalam resolusi Uni Eropa-Jepang terbaru.

SUMBER: TEMPO | AP

Tinggalkan Balasan