Bupati Bastian Salabai menyerahkan piala kepada juara pertama lomba Pondok Natal yang diselenggarakan Dinas BudPar, usai apel gabungan Senin Pagi, 5 Januari 2015. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Kota Raja Sabet Juara 1 Lomba Pondok Natal Manokwari

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Sebuah pondok hias di jalan Kota Raja, dekat pelabuhan Manokwari, dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba pondok Natal 2014 yang digelar Dinas Parawisata Manokwari.

Koordinator pembangunan pondok hias kompleks Kota Raja, Ekber Rumsayor mengatakan, panitia kemungkinan menunjuk pondok hiasnya dari 37 peserta, sebagai pemenang, karena dinilai unik.

“Pondok hias ini sebenarnya tidak terlalu mewah, cuma mungkin karena modelnya seperti Ruslam atau rumah adat Suku Doreri Manokwari,” katanya, Senin (5/01/2015).

Selain itu, bahan pondok hias juga sederhana dan alami. Atap misalnya, menggunakan daun rumbia, dinding menggunakan tebu air, sedangkan hiasan taman yang menyerupai palungan yang dihiasi lilin.

Pondok hias ini dibangun dalam dua minggu. Setelah mengetahui adanya lomba, yang puncaknya pada 29-30 Desember 2014 lalu, tim lalu mendaftarkannya ke panitia.

“Kami mendapat piala tetap dan piala bergilir dan uang pembinaan sebesar Rp. 7 juta,” kata Ekber, seraya berharap agar lomba-lomba seperti ini terus dikembangkan, karena selain tradisi, juga bisa menumbuhkan kreativitas masyarakat. |ADLU RAHARUSUN

Tinggalkan Balasan