Ilustrasi kesehatan. | Tempo

Kota Sorong Siapkan Puskesmas Khusus Nelayan

SORONG, CAHAYAPAPUA.com—- Kepala Pelabuhan Perikanan Kota Sorong, Varian Kustiwa, mengatakan, ditahun 2015 pihaknya akan meningkatkan pelayanan kepada para nelayan melalui program Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Selain Puskesmas nelayan, Varian mengaku juga akan merencanakan pembangunan mini market nelayan dan kantor pelayanan satu atap. Hal ini menurutnya sengaja diadakan untuk meringankan beban para nelayan sehingga dapat terbantu.

“Kita rencanakan akan membangun Puskesmas para nelayan, mini market nelayan dan kantor pelayanan satu atap, supaya dapat membantu tong pu sudara-sudara yang di pesisir pante sana, dan supaya uangnya dapat dipergunakan untuk bayar listrik, biaya pendidikan juga ikut terbantu,” katanya di ruang kerjanya, Senin (26/1/2015) siang.

Selain itu Varian menambahkan, untuk merealisasi hal itu, perlu adanya kerjasama dengan pihak pemerintah Kota Sorong, dalam hal ini Dinas Kesehatan, serta para petugas medis yang mengabdi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Sorong.

Teknis teknis, ia mengatakan pihak RSUD harus melibatkan karena mereka membutuhkan tenaga spesialis bidang kesehatan. “Jika perencanaan ini terealisasi, maka menurut hanya ada satu Puskesmas nelayan di Provinsi Papua dan Papua Barat, yakni di Kota Sorong,” tandasnya. | CR71

Tinggalkan Balasan