Ketua KPK Abraham Samad, menjawab pertanyaan awak media usai hadiri diskusi umum di Hotel Aryaduta Makassar, Sulsel, 21 Oktober 2014. Abraham diburu media seputar calon menteri Jokowi-JK yang dianggap berpotensi tersangka korupsi. Foto: TEMPO/Hariandi Hafid

KPK Berencana Buka Cabang di Kawasan Indonesia Timur

JAKARTA,CAHAYAPAPUA.com-–Komisi Pemberantasan Korupsi berencana membuka salah satu cabangnya di kawasan Indonesia Timur, yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, KPK juga akan membuka cabang di zona bagian barat dan tengah.

Zona bagian barat rencananya terletak di Kota Medan, Sumatera Utara, sementara zona tengah berlokasi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Tapi kami belum tahu, apakah itu nanti akan disetujui oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat,” ujar Samad di kantornya, Senin, 15 Desember 2014 seperti dikutip Tempo. Sebab, tutur dia, pembukaan cabang itu membutuhkan anggaran negara.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto pernah menyatakan KPK akan membuka kantor cabang di Sumatera pada 2015. Cabang Sumatera menurutnya akan menjadi uji coba KPK sebelum membuka cabang lainnya.

Apabila berhasil, KPK menargetkan memiliki lima kantor cabang di seluruh Indonesia dalam sepuluh tahun ke depan. Menurut Bambang, pembukaan cabang berfokus pada pencegahan tindak pidana korupsi dan edukasi antikorupsi.|MARIA YUNIAR|TEMPO

Tinggalkan Balasan