pilkada-serentak-2015.

KPU: Akun Kampanye Medsos Harus Ditutup 5 Desember

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Komisi Pemilihan Umum Manokwari mengingatkan para kandidat untuk menutup akun kampanye mereka di media sosial jika tahapan kampanye telah ditutup secara resmi.

Ketua KPU Manokwari Albert Burwos, baru-baru ini mengatakan, sesuai aturan, akun media sosial seperti facebook, twitter dan media sejenis, harus sudah ditutup pada 5 Desember 2015, atau 4 hari sebelum pemungutan suara digelar. Ia meminta Panwaslu menyiapkan langkah-langkah untuk mengawasi penutupan akun-akun tersebut jika masa kampanye telah berakhir.

Terlepas dari itu, ia menyatakan, Panwaslu Manokwari telah meminta klafirikasi terhadap KPU Manokwari atas dugaan pelanggaran kampanye melalui media sosial, yang tidak dijelaskan jenisnya. Temuan tersebut menurut Albert masih dalam batas wajar.

Albert mengimbau para kandidat tetap mengedepankan cara-cara yang baik dalam berkampanye agar tidak menimbulkan gesekan, baik itu antara para kandidat maupun antar pendukung.

“Kami selalu imbau ke pasangan calon supaya menggunakan media yang terbatas ini hanya untuk menyampaikan visi dan misi, sehingga tidak menimbulkan gesekan,” katanya, meski ia menyatakan media sosial bisa juga dipakai melakukan sosialisasi nomor urut.

Albert menambahkan sejauh ini dirinya tidak melihat adanya aktivitas di media sosial secara massif oleh kandidat. Ia mengklaim sarana yang dipakai untuk mengenalkan kandidat masih umum menggunakan pesan pendek. |RASYID FATAHUDIN