Uji publik Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilu 2019 yang digelar KPU Teluk Bintuni.

KPU Bintuni uji publik penataan Dapil baru dan perhitungan kursi

BINTUNI, Cahayapapua.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Teluk Bintuni menggelar Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi, anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni di Hotel Stenkol Kilo 4, Sabtu (10/1) pekan kemarin.

Uji Publik dipimpin Ketua KPU Bintuni, Ahmad Subu Rafideso, dan 4 Komisioner KPU lainnya serta sekertaris KPU Bintuni.

Dalam Uji Publik ini, KPU menyiapkan 3 Opsi, yakn opsi 1 terdiri dari 3 dapil, Dapil 1 dengan jumlah penduduk 27.289 orang alokasi kursi 7 adalah distrik Tuhiba, manimeri, Dataran Beimes, Tembuni, Merdey, Biscoop, masyeta, moskona selatan, moskona utara, moskona barat, moskona timur, mayado arandai, weriagar Kamundan, Tomu.

Dapil 2 terdiri dari 7 distrik dengan jumlah penduduk 19.618 alokasi kursi 5 yakni distrik Babo, wamesa, Fafurwar, Kuri, Kaitaro, Aroba dan Sumuri.

Dapil 3 Dapil Bintuni jumlah penduduk 30.025 alokasi kursi 8 yakni Distrik Bintuni.

Opsi ke dua, Analisi  rancangan perhitungan pembagian kursi daerah Pemilihan terdiri dari 4 dapil, dapil 1 jumlah penduduk 11.668 orang, alokasi kursi 3 terdiri dari distrik Tuhiba, Manimeri, Dataran Beimes dan Tembuni.

Dapil 2 jumlah Penduduk 15.621 orang alokasi kursi 4 berada pada distrik Merdey, Biscoop, Masyeta, Moskona Selatan, Moskona Utara, Moskona Barat, Moskona Timur, Mayado Aranday, Weriagar, Kamundan dan Tomu.

Dapil 3 jumlah penduduk 19.618 orang dengan alokasi kursi 5 terdiri dari distrik Babo, Wamesa, Fafurwar, Kuri, Kaitaro, Aroba dan Sumuri.

Dapil 4 jumlah penduduk 30.025 aloksi kursi 8, terdiri dari distrik bintuni.,

Opsi ke tiga, Analisa Rancangan Perhitungan Pembagian Kursi daerah pemilihan terdiri dari tiga Dapil yakni Dapil 1 dengan jumlah penduduk 16.743 alokasi kursu 4 berada pada distrik Merdey, Biscoop, Masyeta, Tembuni, Moskona Selatan, Moskona Utara, Moskona Barat, Moskona Timur, Mayado, Aranday, Weriagar, Kamundan dan Tomu.

Dapil 2 jumlah penduduk 19.618 alokasi kursi 5, terdiri dari distrik Babo, wamesa, Fafurwar, Kuri, Kaitaro, Aroba dan sumuri.

Dapil 3 jumlah penduduk 40.571 orang dengan alokasi kursi 11 terdiri dari Distrik Bintuni, Tuhiba, Manimeri dan Dataran Beimes.

Kepala KPU Bintuni, Ahmad Subuh rafideso mengatakan, KPU sebagai penyelenggara Pemilu tidak bisa menentukan hanya mengusulkan, opsi opsi yang ada.

“Konsultais publik ini mari kita jaga proses ini agar bisa berjalan secara lancar, tertib sehingga ada kesimpulan bersama yang kita dapatkan,” katanya.

Sementara Itu Divisi penyelenggara Teknis Nazil Hilmi mengatakan, KPU Bintuni mengatakan mengacu pada Daftar jumlah penduduk sebanyak 76.932 orang, mengenai jumlah pergeseran di masing- masing distrik itu di luar Kewenangan KPU, melainkan murni dari data penduduk yang telah disampaikan dinas kependudukan dan pencatatan sipil.

Dalam kegiatan ini hadir pula Bupati Petrus Kasihiw selaku Ketua DPC Partai Nasdem, perwakilan KPU provinsi, sejumlah pengurus partai, dan anggota partai yang akan mencalonkan diri dalam pemilu legislatif. (art)

Leave a Reply

%d bloggers like this: