Amus Atkana

KPU digugat, Amus Atkana: Kami siap ke Jakarta

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat siap memberikan menjelasan terkait gugatan yang diajukan Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang, Yusril Izha Mahendra di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

“Bila keterangan kami butuhkan, kami siap ke Jakarta memberi keterangan pada persidangan,” kata Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana, Rabu (21/2).

Ia menjelaskan, dari 13 kabupaten/kota di Papua Barat, PBB hanya terdapat 10 daerah. Di Kabupaten Teluk Wondama, Kaimana dan Maybrat pada proses verifikasi PBB tidak menyerahkan formulir.

Sementara di Kabupaten Manokwari Selatan, lanjut Amus, PBB dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Setelah disinkronkan dengan Sipol, KPU Manokwari Selatan menetapkan bahwa PBB tidak memenuhi syarat. Hasil itu yang disampaikan ke provinsi dan setelah perekapan kami menyampaikan ke KPURI,” sebut Amus.

Menurutnya, KPU Provinsi merekap berdasarkan apa yang sudah ditetapkan KPU kabupaten/kota. Sesuai hasil verikasi faktual, sebaran kepengurusan PBB di Manokwari Selatan tidak mencapai 50 persen. Hal ini sudah sinkron dengan data Panwaslu.

“Tim verifikasi terpadu itu terdiri dari KPU dan Pawaslu. Prinsipnya kami KPU provinsi merekap apa yang sudah direkap KPU kabupaten/kota,’’ tandasnya.

Amus menuturkan, hasil rapat pleno verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2019 dilaporkan secara berjenjang. Termasuk juga hasil verikasi di Kabupaten Manokwari Selatan sudah disampaikan ke KPU RI.

KPU Provinsi Papua Barat maupun KPU Kabupaten Mansel menunggu petunjuk dari pusat. Jika dipanggil, pihaknya siap hadir pada sidang gugatan di Bawaslu.

“Kami menunggu petunjuk dari KPU RI. Pada prinsipnya kami siap memberikan jawaban, kronologis atau alat-alat bukti yang diperlukan,”  imbuhnya. |Toyiban

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: