Pilkada serentak 2015

KPU Papua Barat: Keputusan Panwaslu Kaimana Final dan Mengikat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua Barat menyatakan, akan menindaklanjuti rekomendasi Panwaslu Kaimana yang meminta KPU setempat meloloskan pasangan Matias Mairuma – Ismail Sirfefa dalam Pilkada Kaimana.

Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana mengatakan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan KPU RI baru-baru ini yang kesimpulannya meminta KPU Kaimana menindaklanjuti hasil rekomendasi tersebut.

Amus menegaskan bahwa penyelenggara Pemilu tidak bisa melakukan upaya banding terhadap putusan Panwaslu mengacu pada fatwa Mahkamah Agung nomor 115. “Yang jelas keputusan Panwaslu itu bersifat final dan mengikat dan tidak ada upaya hukum lain, kecuali bukan penyelenggara Pemilu. Ketika penyelenggara sudah dimediasi, manis atau pahit, keputusan ini harus dilaksanakan,” tutur Amus kepada Cahaya Papua kemarin.

Meski akhirnya menerima putusan Panwaslu, Amus menyatakan proses pendaftaran yang dilaksanakan oleh KPU dalam Pilkada Kaimana sudah berlangsung maksimal. “Secara institusi atau normatif ada sedikit kekecewaan, karena KPU melakukan proses verifikasi sampai satu bulan, tapi dibantah oleh Panwaslu. Bahkan, proses itu (verifikasi) juga diikuti oleh Panwaslu,” pungkasnya.

Sebelumnya, KPU Kaimana menggugurkan pasangan Matias Mairuma – Ismail Sirfefa dalam proses pencalonan karena lokasi lahir yang tertera di KTP Matias Mairuma berbeda dengan terdapat dalam ijazahnya. |RASYID FATAHUDDIN