KPU PB: Dukungan Parpol Bagi 3 Paslon Tak Bermasalah

MANOKWARI, Cahayapapua.com—- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Papua Barat segera melakukan verifikasi berkas tiga bakal calon yang sudah mendaftar pekan lalu.

Syarat dukungan partai politik bagi tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat sudah tidak bermasalah. Verifikasi dilakukan terhadap dokumen serta hal teknis lain diluar syarat pencalonan.

Komisioner KPUD Papua Barat, Paskalis Semunya mengatakan, setelah sah terdaftar sebagai bakal calon. Pasangan Dominggus Mandacan -Muhammad Lakotani, Irene Manibuy-Abdullah Manaray dan pasangan Stepanus Malak-Ali Hindom telah menjalani tes kesehatan.

KPU saat ini tengah menunggu hasil dari tes kesehatan yang dilaksanakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Psikolog tersebut.

Dia menyebutkan, pada tahap verifikasi ini, pihaknya pun akan meneliti kebenaran sertifikat sarjana yang serahkan para bakal calon.

Sebagai diketahui bahwa, calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua Barat wajib berpendidikan sarjana.

“Uji kebenaran sertifikat sarjana akan kami lakukan pada tahap verifikasi ini. Kami akan mendatangi perguruan tinggi terkait untuk mengkroscek apakah benar bakal calon kita menempuh pendidikan disitu,” ujarnya.

Paskalis menambahkan, pada tahap verifikasi ini seluruh pasangan pun akan menjalani uji di Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat. Hal itu untuk membuktikan para bakal calon atas keaslian mereka sebagai orang Papua.

“Pada Pilkada ini ada kekhususan yang diterapkan di Papua Barat, yakni kandidat harus orang asli Papua dan bertitel pendidikan sarjana. Seluruhnya akan diuji berdasarkan dokumen yang diserahkan,” katanya lagi.

Ia berharap, para bakal calon proaktif untuk melengkapi berkas syarat calon yang wajib dipenuhi. Hal ini penting agar tidak mengganggu tahapan berikutnya.

Dia mengutarakan, penetapan calon akan dilaksanakan pada 24 Oktober mendatang. Pencabutan nomor urut akan dilaksanakan pada 25 Oktober atau sehari setelah penetapan calon.(IBN)

Tinggalkan Balasan