Pilkada serentak 2015

KPU : Tidak Ada Potensi yang Mengancam Tahapan Pilkada

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Papua Barat, Amus Atkana, menyatakan, tidak ada potensi masalah yang mendasar yang dihadapi penyelenggara dalam melaksanakan tahapan, jadwal dan program Pilkada di daerah ini.

“Tidak ada potensi yang signifikan, hanya sedikit persoalan yang terjadi terkait pelaksanaan tahapan yang dilakukan oleh teman-teman (KPU, red) di Kaimana,” kata amus, baru-baru ini.

Menurutnya, pelaksanaan tahapan Pilkada di delapan Kabupaten lainya berjalan normatif, dari penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), termasuk pemasangan alat peraga kampanye. “Tidak ada potensi yang bisa memicu konflik, semua berlangsung aman,” kata dia.

Menanggapi potensi terjadinya mobilisasi pemilih, di daerah-daerah perbatasan, Amus menegaskan, bahwa hal itu tidak akan terjadi.\
Menurutnya DPT akan menjadi acuan untuk mengetahui jumlah pemilih pada setiap wilayah.“Sehingga, akan ketahuan berapa jumlah pemilih,” ujarnya.

Sebelumnya, anggota Bawaslu Provinsi Papua Barat, Isak Waramory mengatakan, ada sejumlah kabupaten yang rentan terjadi praktik mobilisasi pemilih, antara lain Kabupaten Sorong Selatan dan Raja Ampat.

Aksesibilitas transportasi dari dan menuju dua kabupaten itu cukup lancar dan berdekatan dengan kabupaten lainya.|RASYID FATAHUDDIN | EDITOR : TOYIBAN