Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Amus Atkana.

KPUPB: Gerindra dan PKPI Masih Punya Waktu untuk Ubah Dukungan

MANOKWARI, Cahayapapua.com—- Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Papua Barat, Amus Atkana menyatakan, partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) masih punya waktu untuk merubah dukungan ke kandidat lain.

Amus menjelaskan, dua partai tersebut masih memilik hak untuk mengusung kandidat yang akan bertarung pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak ini. Peluang tersebut masih terbuka sepanjang masa pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur belum ditutup.

Dia mengutarakan, tahap pendaftaran bakal calon akan ditutup pada Jumat (23/9/2016) pukul 24.00 WIT. Hingga tahap pendaftaran ditutup, dua partai tersebut masih punya peluang untuk merubah rekomendasi dukunganya.

“Gerindra dan PKPI bisa berkualisi mengusung kandidat sepanjang memenuhi syarat minimal 15 persen atau sembilan kursi di DPR. Masih ada waktu dari hari ini hingga besok malam pukul 24.00 WIT saat pleno pendaftaran ditutup,” kata Amus kemarin.

Partai Gerindra, kemarin menyerahkan surat keputusan (SK) dukunganya kepada pasangan Irene Manibuy dan Abdullah Manaray. Namun SK tersebut batal diserahkan kepada KPU karena tiba setelah KPUD mengesahkan dukungan atas pasangan tersebut.

Disisi lain, SK dukungan tersebut tidak dibawa langsung oleh ketua dan sekretaris DPD partai Gerindra Provinsi Papua Barat. SK dibawa ke KPU oleh wakil sekretaris yakni Abu Kasim Manaray.

Sementara SK dukungan PKPI terhadap pasangan Dominggus Mandacan dan Muhammad Lakotani dianulir karena nama pengurus yang membawa SK dukungan partai tidak sesuai dengan nama pengurus yang sudah masuk dalam data KPU. (IBN)

Tinggalkan Balasan