Ilustrasi Pilkada Papua Barat

KPUPB Klaim Partisipasi Pemilih di Pilgub 2017 Meningkat

MANOKWARI – Pilkada serentak, Rabu (15/02) lalu, diklaim KPU  Papua Barat  partisipasi pemilih sangat memuaskan.  “Saya katakan partisipasi pemilih pada Pilkada Papua Barat baik, karena diatas 75 persen. Itu berkat dukungan masyarakat maupun para penyelenggara pemilu, dan saya sangat apresiasi itu,”kata Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana saat ditemui, Senin (20/02) kemarin.

Tidal hanya Pilgub, sebut dia, penyelengggaraan pilkada calon tunggal di Kabupaten Maybrat dan Kota Sorong yang dinilai rawan, partisipasi pemilih cukup dominan.

“Di Kabupaten Tambrauw,  partisipasi warga yang mencoblos pasangan calon di atas 93 persen sedangkan Kota Sorong sekitar 80 persen lebih. Itu menunjukan pemilih kotak kosong sangat sedikit meskipun ada,” jelasnya.

Calon komisioner KPU pusat ini melanjutkan, saat ini data yang sudah di himpun dari seluruh Kabupaten/ Kota, terkait hasil rekapitulasi melalui sistim hitung cepat sudah mencapai sekitar 76 persen. “Kami mengimput langsung dari tingkat KPPS di seluruh TPS yang ada di Papua Barat. Dari 280 lebih hanya menyisahkan sekitar 800 lebih TPS yang datanya belum terinput dalam sistim yang digunakan KPU,” terangnya.

Diakui pada beberapa daerah  agak sulit dalam input data hasil hitung cepat, disebabkan masalah jaringan dan aksesibilitas daerah tersebut.

“ Seperti Kabupaten Tambrauw contohnya. Kalau Kabupaten Manokwari dan Raja Ampat, data yang masuk ke KPU sudah 100 persen dan tinggal dipleno saja,” ujar Amus Atkana menambahkan perhitungan manual tersebut masih menunggu koreksi dari saksi panwas dan bawaslu. (MAR)

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: