Ilustrasi Pilkada Papua Barat

KPUPB Segera Koordinasikan PSU di Kampung Bidare Sorsel

MANOKWARI- Komisi Pilihan Umum Papua Barat (KPUPB) akan segera berkoordinasi terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU) salah satu TPS di Kabupaten Sorong Selatan.

Ketua KPUD Papua Barat Amus Atkana mengatakan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Papua Barat, telah mengeluarkan rekomendasi atas pemungutan suara ulang di Kampung Bidare Distrik Metamani, Sorong Selatan.

“Setiap putusan yang di kekuarkan Panwaslu maupun Bawaslu wajib ditindaklanjuti. Karena rekomendasi tersebut tentu dikeluarkan atas pertimbangan dan bukti yang kuat,” kata Amus, Senin (20/2).

Dia menyebutkan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Bawaslu dan mempelajari rekomendasi yang dikeluarkan tersebut. KPU pada Senin (20/2) sedianya akan menggelar rapat membahas rekomendasi tersebut.

Amus memastikan, surat suara untuk pelaksanaan PSU sudah siap, sehingga tidak perlu cetak ulang.
“Barangkali formulir C6 yang harus di cetak lagi. Kalau surat suara sudah ada sekitar 40 ribu, lebih dari cukup karena di TPS Kampung Bidare itu cuma sekitar 200,” ujarnya menambahkan.

Menurut Amus, surat suara pada pemungutan suara ulang di cetak khusus terdapat perbedaan dengan surat suara pemungutan suara serentak.

Komisioner Bawaslu Papua Barat Alfredo Ngamelubun pada wawancara secara terpisah mengatakan, PSU di Kampung Bidare harus digelar karena TPS tersebut melaksanakan pencoblosan lebih awal dari waktu yang ditetapkan KPU.

“Terjadi pencoblosan sebelum hari H terhadap surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” ujarnya, seraya menyebutkan Panwaslu setempat telah mengeluarkan rekomendasi, Sabtu pekan lalu.

Dia mengutarakan, di TPS tersebut terdapat 221 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap. KPU diminta segera menyiapkan jadwal pelaksanaan pencoblosan ulang. (IBN)

 

Tinggalkan Balasan