Kapolres Kaimana (kanan) bersama sejumlah anggota ikut memantau situasi keamanan jelang kedatangan komisioner KPU PB.

KPUPB Tiba di Kaimana Tanpa Dicekal

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com– Rabu (4/11/2015) Komisioner KPU Provinsi Papua Barat tiba di Kaimana. KPU PB tiba bersamaan dengan tamu Festival Senja dari Kementerian Pariwisata serta Dir Sabara Polda Papua Barat Kombes Pol Frids Kaiwai sekaligus dalam rangka kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Kaimana.

Tiba dengan pengamanan ketat anggota Polres Kaimana, komisioner KPU PB langsung bertolak menuju Sekretariat KPUD dan mengambil alih tugas KPUD Kabupaten Kaimana yang telah diberhentikan sementara waktu.

Pantauan Cahaya Kaimana, tidak seperti pada kedatangan komisioner KPU PB Oktober lalu yang diwarnai aksi pencekalan dan demonstrasi yang dilakukan massa pendukung pasangan yang telah lolos pencalonan, kedatangan empat komisioner KPU PB masing-masing; Abdul H. Shidiq, Paskalis Semunya, Yotam Senis dan Kristin Rumkabu didampingi sekretaris staf sekretariat berjalan mulus tanpa diwarnai aksi apapun.

Pendukung dua pasangan calon yang sebelumnya giat melakukan aksi pencekalan tidak tampak sama sekali. Yang terlihat di tepi jalan, diluar pagar bandara hanya pendukung pasangan Matias Mairuma-Ismail Sirfefa (Manis) yang sengaja hadir untuk memastikan kedatangan komisioner KPU Provinsi sekaligus memberikan dukungan agar Pemilukada Kaimana dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Pendukung Manis hanya memantau dari jauh tanpa sedikit pun melakukan gerakan yang mengganggu.

Namun meski aman, kedatangan tamu KPU PB di Bandara Utarum Kaimana cukup dramatis dibawah penjagaan ketat aparat Bepolisian dibantu Brimob. Turun dari penerbangan Wings Air sekitar Pukul 15.00 WIT, komisioner KPU langsung diarahkan menumpang sebuah bus milik Polres Kaimana yang ditempatkan tidak jauh dari tempat berhentinya pesawat. Proses penurunan penumpang komisioner KPU dari pesawat juga berlangsung sangat cepat karena hanya dalam hitungan detik, ketika perhatian awak media masih tertuju pada tamu Festival Senja dari Kementerian Pariwisata, empat komisioner dan staf sekretariat telah berada diatas bus.

Dan masih dalam hitungan kurang dari 10 menit, mobil pengangkut komisioner KPU bergerak cepat keluar dari landasan pacu, diikuti beberapa unit mobil lainnya menuju sekretariat KPUD. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi kemungkinan lain yang tidak diinginkan. Tiba di Sekretariat KPUD, komisioner KPU PB langsung melaksanakan aktivitas dalam ruang tertutup. Informasi yang sempat dikutip Cahaya Kaimana menyebutkan, langkah awal yang dilakukan komisioner KPU PB adalah menggelar rapat koordinasi dengan Sekretaris dan Staf KPUD Kaimana terkait tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan. |ISABELA WISANG