Ilustrasi. Foto: Ist

Krisis Air Bersih, Pemda Manokwari Rencana Buat Sumur Bor

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-  Pemkab Manokwari berencana membuat sumur bor untuk mengatasi kesulitan air bersih yang dialami sejumlah wilayah di Amban dan sekitarnya. Beberapa kampung setempat, misalnya saja di kampung Anggori, memang sudah sejak lama kesulitan mengakses air bersih.

Warga selama ini lebih banyak bergantung dari air hujan lantaran jaringan PDAM belum menjangkau wilayah setempat. Warga juga tidak bisa mengandalkan air sumur karena kampung Anggori dan sekitarnya merupakan daerah berkarang sehingga sulit untuk bisa menggali sumur.

Bupati DR.Bastian Salabai mengakui, sejumlah wilayah di Amban dan sekitarnya memang sudah sejak dulu sering mengalami krisis air bersih.

Beberapa upaya pernah dilakukan seperti misalnya pada tahun 2012, Pemda membantu  upaya masyarakat kampung Anggori secara swakarsa membangun bak penampung air. Namun upaya tersebut ternyata belum berhasil mengatasi krisis air bersih yang dialami masyarakat.

Bupati mengatakan, apa yang dialami warga di Amban tetap akan menjadi perhatian Pemkab Manokwari. Dia sendiri telah memanggil staf  dari dinas PU untuk meminta penjelasan teknis. Pemda akan mengupayakan alternatif lain agar ke depan masyarakat di wilayah itu tidak terus-terusan mengalami kesulitan air bersih.

“Mungkin kita akan buat sumur bor saja di beberapa lokasi untuk cek apakah bisa dapat air atau tidak “ kata Bupati di kediamannya di Sowi, Rabu (22/10) usai melakukan kunjungan kerja ke distrik Prafi.

Sebelumnya kepada koran ini, direktur PDAM Manokwari Bob Wariori menuturkan, suplai air bersih ke seluruh wilayah kota Manokwari akan bisa terpenuhi setelah jaringan air bersih yang dibiayai APBN lewat balai sumber daya air yang saat ini tengah dikerjakan beroperasi.

Air yang disuplai jaringan baru didistribusikan ke bak penampung berukuran besar yang akan dibangun di Amban sekaligus sebagai tempat pengolahan air sebelum disalurkan ke rumah warga.

Dia memastikan jangkauan pelayanan PDAM akan jauh lebih luas dengan adanya jaringan baru sehingga wilayah yang selama ini kesulitan air bersih seperti di Anggori bisa terlayani. Jaringan baru tersebut direncanakan beroperasi pada 2015 mendatang. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan