Keramba ikan milik warga Mairasi di Kaimana Papua Barat. Legislator DPR Papua Barat melontarkan kritik kepada pemprov atas kecilnya APBD dari provinsi ke kabupaten Kaimana. | CAHAYAPAPUA.com |Isabela Wisang

Kritik Legislator: Alokasi APBD untuk Kaimana Sangat Kecil

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Alokasi APBD provinsi Papua Barat Tahun Anggaran 2015 yang diperuntukan bagi wilayah selatan Papua Barat tepatnya di Kabupaten Kaimana dinilai sangat kecil.

“Sudah kelihatan. Kaimana itu mendapatkan alokasi yang sangat kecil. Sejumlah distrik di pedalaman tidak terjangkau oleh kegiatan yang dianggarkan oleh pemerintah provinsi melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” kata anggota DPR Papua Barat, Leonard Erickson Patinama di Manokwari, Selasa (18/2/2015)

Padahal menurut legislator asal dapil V, meliputi Fakfak, Kaimana, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama ini kegiatan yang diprogramkan pemerintah harusnya merata, tidak terfokus di ibu kota provinsi saja.

Dikatakan, alokasi untuk Kabupaten Kaimana tidak lebih dari Rp 15 miliar. Jumlah ini sangat sedikit sekali. Program yang tidak bisa dijangkau oleh kabupaten harus ada intervensi pemerintah provinsi.

“Daerah-daerah terpencil harus diperhatikan dengan baik terutama menyangkut infrastruktur, seperti perumahan dan jalan. Contohnya di Distrik Yamor belum dijangkau dengan kegiatan, padahal banyak orang asli yang menghuni daerah ini,” ujar Leonard. |CR-73

Tinggalkan Balasan