Truk menurunkan muatan pasir kerikil yang dipakai menimbun badan jalan di Anggrem Kelurahan Padarni, Distrik Manokwari Barat, Jumat (8/5/2015). Jalan ini akan dilalui Presiden Joko Widodo dalam kunjugannya ke Manokwari 10 – 11 Mei 2015. |CAHAYAPAPUA. | Muhammad Rizaldy

KUNJUNGAN JOKOWI: Jalan Berlubang Ditambal, AC Bandara Diganti Baru

Dua hari menjelang kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Manokwari, kesibukan mulai terlihat di sejumlah lokasi di dalam kota Manokwari. Selain di kawasan Teluk Sawaibu, Kelurahan Padarni yang menjadi pusat kegiatan RI-1, titik-titik yang akan dikunjungi maupun dilalui Jokowi bersama rombongan pun mulai dibenahi.

Laporan: ZACK TONU BALA, ADITH SETYAWAN

————————-

SEPERTI terpantau Jumat pagi, jalan rusak di dekat SPBU Jalan Esau Sesa yang selama ini seakan dibiarkan begitu saja akhirnya tersentuh perbaikan. Para pekerja terlihat menambal lubang-lubang besar di badan jalan yang membuat arus lalulintas selalu macet. Kabarnya, Presiden Jokowi akan melalui jalan ini untuk meninjau pabrik semen Maruni.

Pembenahan juga tampak di ruang VIP Bandara Rendani Manokwari. Guna memastikan kepala negara bersama rombongan tidak kegerahan, sedikitnya dua unit AC (pendingin ruangan) di ruang VIP diganti dengan yang baru. Sejumlah fasilitas toilet juga diganti dengan yang lebih modern.

Sejak pagi hari, PNS Pemkab Manokwari bersama sejumlah elemen masyarakat melakukan kerja bhakti membersihkan jalan-jalan utama yang akan dilewati rombongan Presiden. Kantor-kantor pemerintah, BUMN/BUMD juga mulai memasang umbul-umbul dan bendera Merah Putih.

Sementara PNS Pemprov Papua Barat dibantu warga setempat membersihkan dan menata kawasan Teluk Sawaibu yang menjadi lokasi peluncuran KKS, KIS dan KIP. Meskipun sampah masih terlihat di sejumlah titik, jalan-jalan protokol tampak lebih bersih dan rapi. Rencananya kerja bahkti bersama akan dilanjutkan lagi pada hari ini.

“Kita ingin berikan yang terbaik untuk kunjungan Bapak Presiden, “ kata Bupati Bastian Salabai di sela-sela peninjauan ke ruang VIP Bandara Rendani, kemarin pagi.

Salabai kembali mengimbau masyarakat Manokwari untuk ikut berpartisipasi menyukseskan kunjungan Presiden dengan menjaga kondisi Kantibmas tetap aman dan kondusif serta menjaga kebersihan dan keindahan kota Manokwari

“Mari kita tunjukkan bahwa Manokwari bisa menjadi tuan rumah yang baik, “ ucap Salabai yang berkeliling memantau kerja bhakti yang dilakukan PNS Manokwari.

Rencana kunjungan Jokowi juga disambut dengan kerja bakti massal di Kompleks Buton Borobudur, Kelurahan Padarni, Distrik Manokwari Barat. Puluhan warga begitu antusias membersihkan kompleks yang akan dikunjungi Presiden tersebut.

Ketua PKK Manokwari, Ny.Agustina Salabai yang ikut membersihkan kompleks itu mengatakan, antusiasme warga dalam menyambut Presiden sangat tinggi. Selain itu ia mengatakan setiap sudut yang dipenuhi sampah dalam dua hari terakhir sudah mulai bersih.

“Kerja bakti ini sudah dilakukan sejak kemarin (Kamis lalu). Mereka semua rela meninggalkan pekerjaannya hanya demi membersihkan sampah-sampah di sekitar kompleks ini untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi,” jelasnya.

Lanjut Agustina, dengan kehadiran Tim Penggerak PKK Manokwari yang turun langsung dalam membantu warga sekitar membersihkan area tersebut dapat mendorong semangat masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan daerah tersebut.

“Dengan adanya pembersihan ini, masyarakat diminta untuk menjaga kebersihan karena kebersihan adalah salah satu kesehatan kita, untuk itu menjaga kebersihan lingkungan harus diutamakan,” pesannya.

Terpisah, salah satu warga Kompleks Buton Borobudur, Zahmini mengatakan, kebersihan yang dilakukan ini dilakukan agar mengantisipasi sifat blusukan Presiden Jokowi yang selalu ingin melihat warganya.

“Kami berharap dengan kedatangan Presiden ini lingkungan kami yang dikategorikan sebagai wilayah kumuh ini dapat ditata lebih baik lagi, sehingga tidak kumuh lagi,” jelasnya. (***)

 

One comment

  1. inilah kebiasaan pemerintah daerah manokwari nanti pada saat ada tamu saja baru bersolek .klo tidak kota sperti kota sampah saja….# yangpentingbossenang

Tinggalkan Balasan