Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manokwari, Dedy Subrata May

Kunjungi Warga, Ketua DPRD Manokwari Kebanjiran Aspirasi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com -– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manokwari, Dedy Subrata May, Selasa (22/9/2015) bertatap muka bersama warga Distrik Manokwari Barat.

Sejumlah aspirasi dan keluhan warga dari enam kampung di distrik ini memenuhi pertemuan dalam rangka reses DPR tersebut. Dari persoalan sampah, pembangunan jalan lingkungan, hingga terkait situasi pendidikan di Kabupaten Manokwari.

Dedy usai kegiatan mengatakan, dari pertemuan itu, ia menemukan banyak persoalan, diantaranya adanya tumpang tindih kegiatan yang dilaksanakan SKPD.

Selain itu banyak program seperti pembangunan saluran air bersih, jalan lingkungan, sanitasi yang belum dilaksanakan pemerintah daerah. Termasuk pengelolaan sampah yang masih amburadul di Manokwari.

Menurutnya, kebersihan kota harus diprioritaskan.“Kalau perlu regulasi khusus untuk mengatur persampahan maka, DPRD akan mendorongnya,” kata Dedy.

Sementara, menyangkut permasalahan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat distrik dan kelurahan, kata Dedy, hal itu terjadi karena peran aparatur kampung hingga RT kurang maksimal.

Kedepan, peran distrik dan kelurahan harus dimaksimalkan melalui program pembangunan kemasyarakatan. Sehingga, pelayanan tidak terbatas pada pengurusan ijin maupun dokumen kependudukan saja.

Dengan demikian, lanjut politisi Golkar in, posisi kepala distrik dan kepala kelurahan hingga ketua RT harus dioptimalkan termasuk meningkatkan dan mengubah sistim pembayaran honorium bagi ketua RT.

Hal itu dilakukan, agar pengawasan terhadap pertambahan jumlah penduduk bisa dimaksimalkan dari tingkat RT dan RW. Sebab, pertambahan jumlah penduduk di Manokwari cukup signifikan.

“Bagaimana mau mengharapkan RT dan RW berperan lebih banyak lagi. Sementara, mereka tidak ditunjang dengan fasilitas yang memadai,” tukasnya.

Reses merupakan kegiatan luar yang dilakukan oleh DPRPD dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat. Hasil reses ini akan dilaporkan dalam rapat paripurna, untuk diputuskan menjadi pokok-pokok pikiran DPRD. |RASYID FATAHUDDIN