Rombongan Satgas Dana Desa Tiba di Wasior, Sabtu, 16 Desember 2017 disambut dengan prosesi injak piring.

WASIOR, Cahayapapua.com— Tim dari Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa, Sabtu (16/12) berkunjung ke Kabupaten Teluk Wondama guna melakukan audit penggunaan Dana Desa.

Tim yang berjumlah 4 orang dipimpin Benni Adam Son Hasani akan melakukan audit Dana Desa di dua lokasi yakni di kampung Moru, distrik Wasior dan kampung Webi, distrik Rasiei.

Dijumpai usai penjemputan di Bandara Wasior, Benni yang datang bersama Marta Sanjaya, Ari Turyandoko dan Arshi Dwi R. menjelaskan kunjungan mereka untuk mengetahui secara langsung sejauh mana dampak penggunaan Dana Desa yang telah berjalan dua tahun di Kabupaten Teluk Wondama.

“Kami memilih Wasior karena ingin melihat perkembangan kira-kira dana desa itu apakah dipergunakan maksimal atau tidak, bagaimana dengan perkembangan masyarakatnya. Apakah penggunaan Dana Desa itu sesuai dengan arahan prioritas kementerian  atau tidak,” kata Benni.

Benni mengaku pihaknya telah banyak menerima laporan terkait adanya persoalan dalam penggunaan Dana Desa di Teluk Wondama. Karena itu dia berharap kedatangan Satgas Dana Desa bisa memovitasi para kepala kampung/desa juga masyarakat untuk lebih optimal lagi dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana yang bersumber dari APBN itu.

“Jangan sampai dana desa ini terbengkalai tidak digunakan semaksimal mungkin,” ujar Benni yang menjabat sebagai auditor utama.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Hendrik Rico Tetelepta berharap hasil evaluasi dari tim Satgas bisa menghasilkan langkah-langkah perbaikan dalam pengelolaan maupun pemanfaatan Dana Desa di kabupaten Teluk Wondama.

“Karena aturan di pusat itu dalam pelaksanaannya terutama untuk kita di Papua kadang-kadang tidak sesuai dengan karekateristik masyarakat, jadi kita harapkan bagaimana agar aturan yang dikeluarkan pusat bisa selaras dengan kondisi masyarakat di Papua ini,” kata Tetelepta. (brv)

Leave a Reply