article.wn.co Ilustrasi

Kurikulum MTs LIM Raja Ampat Padukan Bahasa dan Ilmu Agama

SORONG, cahayapapua.com– Madrasah Tsanawiyah (MTs) Language Insan Mandiri, Kabupaten Raja Ampat tampil dengan model yang cenderung kepada pembinaan karakter anak didik, dengan berbasis bahasa serta pendalaman ilmu agama.
“Yang kami upayakan peserta didik di MTS LIM mampu menguasai Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Daerah, terutama kemampuan berkomunikasi,” tutur kepala sekolah MTS LIM, Zaki, baru-baru ini.
Menurutnya Kabupaten Raja Ampat merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh turis dari berbagai mancanegara, sehingga dengan hadirnya MTS LIM di Waisai, dipastikan para muridnya mampu berkomunikasi dengan turis yang ada.
“Raja Ampat kan sering dikunjungi oleh turis, jadi kehadiran turis ini, para murid didik kami diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik. Kami mengartikan bahasa itu sebagai seni, bahasa itu sebagai budaya, bahasa itu sebagai moral, dengan perpaduan agama yang baik,” ujar Zaki.
Lebih lanjut Zaki menambahkan, pihaknya masih membutuhkan sarana prasana yang memadai, sehingga proses belajar mengajar di sekolah yang baru didirikan itu dapat berjalan dengan baik, meski dengan keterbatasan sarana fasilitas, Zaki mengaku tetap optimis untuk mencerdaskan putra-putri terutama di Kabupaten Raja Ampat.
Oleh karena itu, dirinya mengharapkan partisipasi dan dukungan moral serta materil dari pemerintah Kabupaten Raja Ampat, “Kita harus sepakati dengan pendidikan yang ada kita harus berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa, serta membangun sumber daya manusia di Kabupaten Raja Ampat,” tutur Zaki.
|NASIR|EDITOR : BUSTAM