Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Sowi Gunung, Manokwari. |Dokumentasi CAHAYAPAPUA.com

Lagi, Pemda Manokwari Akui Tak Bisa Atasi Sampah

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah Kabupaten Manokwari mengakui permasalahan sampah yang terjadi di daerah ini belum mampu diatasi. Ini karena ada beberapa faktor yang harus dipenuhi.

“Kalau sampah bertebaran di jalan itu, ya karena dari sisi kapasitas angkutan kita tidak mampu. Kalau pun dipaksa kita harus bekerja ekstra,”kata Wakil Bupati Manokwari, Roberth Hammar di Manokwari,Selasa (20/1/2015).

Roberth mengatakan, saat ini armada yang dimiliki oleh dinas terkait belum cukup untuk mengangkut sampah yang dari hari ke harinya semakin padat. Armada yang dimiliki hanya 9 unit.

“Kalau pengangkutan rutin biasa mereka tidak mampu, dengan 9 kendaraan dan bobot sampah yang begitu banyak, saya rasa tidak bisa. Kita butuh minimal 20 kendaraan, itu baru bisa,”jelasnya.

Menuruth Roberth permasalahan sampah di kota Manokwari sebenarnya mudah ditangani jika mobilitas angkutan sampah ditambah serta tersedianya tempat-tempat sampah di titik-titik tertentu.

“Kita tidak bisa salahkan masyarakat, sekarang masyarakat mau buang dimana TPS tidak paten dan belum diatur. Kalau kita sudah atur baik baru kita bisa berbicara tentang kesadaran masyarakat,” katanya.

Ditanya soal apakah pemda di tahun anggaran 2015 akan menyediakan kendaraan sampah serta tempat-tempat sampah, Roberth mengatakan sejauh ini dirinya belum mengetahuinya, namun diharapkan tahun ini dapat segera diatasi.

Permasalah sampah merupakan permasalahan semua kalangan, baik pemerintahan, maupun masyarakat. Peran penting pemerintah dalam menyiapkan fasilitas sampah sangat diharapkan, serta kesadaran masyarakat dalam membuang sampah juga dibutuhkan. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan