Partai PERINDO

Lantik Pengurus Perindo Papua Barat, Hary Tanoe Tiba Manokwari Besok

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Wakil Sekretaris Jenderal DPP Perindo Debora Debby Wage memastikan, Ketua Umum DPP Hanura Hary Tanoe Soedibyo, akan tiba di Manokwari, Kamis, (29/10) besok.

“Ketua umum direncanakan tiba pada 29 Oktober di Manokwari. Setelah deklarasi Perindo Papua Barat, akan dilanjutkan dengan rapat khusus pengurus DPW dan DPD bersama DPP,” kata Debby di sekretariat DPW Perindo Papua Barat, Selasa (27/10/2015).

Saat ini, lanjut Debby, persiapan panitia deklarasi dan pelantikan Pengurus DPD Perindo tingkat Kabupaten/kota di Papua Barat sudah semakin matang.

Ketua DPW Perindo Papua Barat, Marinus Bonepai mengatakan, acara deklrasi dan pelantikan akan diikuti oleh 13 DPD se-Papua Barat. Seluruh ketua DPD kabupaten/kota wajib hadir.

“Ketua DPD Tidak bisa diwakilkan. Sejak hari ini, mereka sudah mulai tiba di Manokwari, paling lambat tanggal 28 Oktober semua peserta sudah ada,”kata dia kemarin.

Sekretaris panitia, Yohanes Rumfabe mengatakan, panitia telah menyusun semua agenda acara.

“Panitia hanya diberikan waktu 6 jam untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan. Mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 Wit acara ini sudah harus selesai,” tuturnya

Terlepas dari hal itu, Debora Debby Wage mengatakan, partainya bersikap terbuka pada pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015 mendatang.

“Perindo partai baru tetapi, armada politik kami sudah dilirik oleh seluruh pasangan calon di seluruh nusantara, dengan mendantangi DPP. Menyikapi hal itu, partai bersikap terbuka,” kata Debby.

Dia mengatakan, DPP memberikan kewenangan kepada DPW di 34 provinsi, untuk melihat pasangan calon yang layak mendapat dukungan Perindo. Karena, DPW dinilai lebih paham terhadap kondisi politik di wilayah masing-maing.

Pada Pilkada tahun ini, dari sekian DPW, kata Debby, ada yang memberikan dukungan namun tak sedikit DPW yang memilih untuk netral.

“Tergantung kesepakatan bersama antara pasangan calon dan DPW. Tidak ada kekuatan sebesar yang dimiliki Perindo. Namun kami Optimis tahun 2019 milik Perindo,” ujar dia.

Debby menambahkan, Perindo menarget lolos verifikasi tingkat nasional. Untuk itu, seluruh tenaga dan upaya partai fokus untuk menyelesaikan kelembagaan partai dari DPW hingga ke tingkat ranting.

“Tahun 2015 kita targetkan verifikasi kepengurusan rampung di tingkat desa dan kampung. Tahun 2016 di tingkat ranting karena, struktur perindo akan dibentuk hingga ke tingkat pemenangan atau TPS,” pungkasnya.

Ketua DWP Perindo Papua Barat, Marinus Bonepai menambahkan, Perindo Papua Barat belum memberikan dukungan politik kepada pasangan calon di sembilan kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak tahun ini.

“Ada sejumlah DPD yang sudah mendiskusikan masalah ini. Tetapi, belum ada komitmen politik. Kalau secara pribadi silahkan saja mendukung. DPW lebih memfokuskan pada agenda konsolidasi internal,” ujar Marinus.

Sekretaris DPW, Jemy Liunsanda mengatakan, untuk mendapatkan dukungan perindo, pasangan calon bisa menyampaikan permohonannya ke DPD yang akan diteruskan ke DPW dan selanjutnya ke DPP.|RASYID FATAHUDDIN | EDITOR | TOYIBAN