Pelayanan Posyandu di Puskesmas Ransiki. DPRD Maminta dinas kesehatan meningkatkan pembinaan tenaga kesehatan. (Foto: Soetanto/ Cahaya Papua)

Layanan Puskesmas Dataran Isim Diapresiasi

MANSEL, Cahayapapua.comAnggota DPRD Kabupaten Manokwari Selatan, Aleks Iba, memuji langkah pemerintah untuk meningkatkan pelayanan di Puskesmas Distrik Dataran Isim. Ia berharap terobosan Pemkab lewat Dinas Kesehatan itu juga diikuti SKPD lain.

“Semua SKPD termasuk kami dari DPRD harus bergerak supaya masyarakat merasakan kehadiran pemerintah,” katanya.

Aleks mengapresiasi langkah Dinas kesehatan Mansel yang sejak tahun 2014 berupaya mengefektifkan pelayanan Puskesmas Dataran Isim.

Dinas menugaskan para petugas Puskesmas secara bergantian setiap bulan. Alhasil pelayanan berjalan baik karena mereka terhindar dari kejenuhan di tempat tugas.

Meski terlihat efektif, Anggota DPRD dari PKS, Wennie A. Ainusi meminta Dinkes menggelar pergantian piket itu per 3 bulan. “Kalau cuma satu bulan, dikuatirkan petugas yang baru tidak memahami secara detail kondisi setiap pasien yang ditanganinya,” katanya.

Selain itu ia minta agar Kepala Dinkes Mansel mendisiplinkan seluruh petugas kesehatan baik yang bekerja di lapangan (Puskesmas dan Pustu) dan tak terkecuali PNS yang bekerja di kantor Dinas Kesehatan.

“Kami lihat masih ada beberapa hal yang mengganjal di lingkungan dinas Kesehatan terutama soal pembagian tugas dan pembinaan pegawai,” ucapnya.

Wennie bilang, dua hal itu kerap mengakibatkan ketidaknyamanan pegawai. Mereka tak betah berkantor dan akhirnya meminta dipindahkan.

“Sampai ada mantri yang mau jadi kepala Distrik. Ini adalah akibat dia tidak diberdayakan. Dia merasa tidak cocok lagi untuk bekerja di lingkungan itu, atau merasa lebih cocok di tempat lain,” nilai Wennie. | SOETANTO

 

Tinggalkan Balasan