Jhon Dimara

Legislator DPRPB Minta Masyarakat Terima Hasil Verifikasi MRP-PB

MANOKWARI, Cahayapapua.com—  Masyarakat diminta menerima hasil verifikasi syarat orang asli Papua bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang dilakukan oleh Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRPPB).

Legislator DPR Papua Barat, Jhon Dimara menyerukan hal tersebut menyikapi dinamika politik yang berkembang jelang pertarungan perebutan kursi nomor satu Papua Barat.

“Masih ada yang terus melakukan manuver terkait kepentingan kriteria Orang Asli Papua. Semua pihak untuk melihat tentang kriteria ini, jika mendapat dukungan dari masyarakat dan lembaga adat harus diterima,” kata Jhon, Selasa (11/10/2016).

Kata Jhon, berharap MRPPB sebagai representasi kultural orang asli Papua bersikap independen dalam memberikan pertimbangan dan persetujuan terkait syarat orang asli Papua bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat.

“Prosesnya harus sesuai rujukan aturan. Jangan ada kepentingan. Kalau gugur ya katakan gugur, kalau lolos katakan memenuhi syarat sebagai Orang Asli Papua,”  tandasnya.

Jhon menegaskan, lembaga kultur tersebut harus bekerja secara profesional dan tidak mudah ‘masuk angin’ dalam memberikan pertimbangan serta persetujuan agar pelaksanaan pilkada serentak 2017 di Papua Barat berwibawa dan dapat memberikan pesan positif bagi masyarakat.

“KPU Papua Barat perlu memperhatikan pelaksanaan tahapan di daerah khusus seperti di Aceh, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Papua dan Papua Barat sehingga ada harmonisasi aturan,” pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan