Kantor DPR Papua Barat. SuluhPapua

Legislator Jalur Otsus Berhak Bentuk Fraksi Sendiri

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com11 Anggota DPRPB dari jalur pengangkatan tetap memiliki hak yang sama dengan anggota DPRPB lainnya yang dipilih melalui Pemilu legislatif. Meski demikian, 11 anggota tersebut tidak memiliki hak untuk mengajukan calon pimpinan DPRPB.

Ketua DPRPB Definitif, Robert Melianus Nauw atau Robby Nauw menjelaskan hal tersebut berdasar atas hasil konsultasi pihaknya dengan pihak kementerian dalam negeri di Jakarta beberapa hari lalu.

“Legalitasnya sama. Payung hukum mereka adalah pasal 6 UU Otsus dan embrionya sudah diatur di dalam Perdasus,” katanya, Senin (10/11/2014), di kantor DPRPB, Jalan Siliwangi, Manokwari.

Selain itu kepastian yang didapatkan pihaknya adalah bahwa anggota DPRPB jalur Otsus berhak untuk membentuk 1 fraksi sendiri.

Konsultasi itu menurut Robby, juga diikuti oleh wakil dari Pemrov dan Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB). Dengan adanya kejelasan itu maka pimpinan DPRPB siap melantik 11 anggota DPRPB jalur pengangkatan atau jalur Otsus yang sampai saat ini belum ditetapkan karena masih mengikuti proses seleksi.

Hak yang dimaksud Robby bukan saja soal tunjangan dan gaji tetapi juga soal hak anggota DPRPB jalur Otsus untuk masuk dalam alat kelengkapan DPRPB, misalnya komisi, badan musyawarah, badan kehormatan, badan anggaran dan lainnya. |PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG |TOYIBAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan