Jemaah calon haji Kaimana sebelum bertolak ke Makassar menggunakan penerbangan Garuda Indonesia.

Lepas 37 calon haji, Furima minta berdoa untuk Kaimana

KAIMANA, Cahayapapua.com— Sebanyak 37 jemaah calon haji asal Kabupaten Kaimana musim haji 1438 H bertolak ke Mekkah, Jumat (4/8/2017). Mereka akan terlebih dahulu menyinggahi Makassar dan bergabung bersama jemaah calon haji lainnya dari Papua Barat. Keberangkatan jemaah calon haji dilepas Asisten II Setda Kaimana, Martinus Furima. Ia meminta para jemaah haji berdoa untuk Kaimana dan kesuksesan Pesparawi.  

Hadir dalam acara pelepasan yang berlangsung di Ruang Keberangkatan Bandara Utarom Kaimana ini, Kapolres AKBP Adam Erwindi Kepala Kantor Agama Kaimana Adris Sani, perwakilan TNI, para tokoh agama, tokoh masyarakat serta keluarga dari pada calon jemaah haji.

Asisten II Setda Martinus Furima dalam sambutannya mengatakan, menunaikan ibadah haji ke tanah suci merupakan salah satu dari rukun islam yang kelima. Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan penuh bagi suksesnya pelaksanaan ibadah haji. Ibadah haji lanjut Furima, membutuhkan persiapan yang matang dari umat yang akan melaksanakannya. Kesiapan dimaksud, disamping biaya tetapi kondisi fisik harus sehat dan kuat.

Dijelaskan, Kementerian Agama RI telah menetapkan kuota haji tahun 1438  Hijriah/2017 Masehi ini sebesar 221.000, yang terdiri atas kuota jemaah haji regular sebanyak 202.518 dan kuota petugas haji daerah (TPHD) sebanyak 1.482 orang. Sementara kuota haji khusus, terdiri atas kuota jemaah sebanyak 15.663 dan kuota petugas sebanyak 1.337 orang.

Untuk Provinsi Papua Barat lanjut Furima, jumlah kuota haji 720 orang dan jumlah kuota TPHD sebanyak 5 orang, sehingga total menjadi 725 orang. Dari jumlah ini, Kabupaten Kaimana tahun ini ditetapkan sebesar 37 orang dan TPHD 1 orang, sehingga total 38 orang. Pemerintah Daerah berharap agar perjalanan jemaah haji menuju tanah suci berlangsung aman dan lancar, sehingga bisa dengan khusuk melaksanakan ibadah haji.

“Mari kita berikan dukungan penuh bagi para calon jemaah haji ini agar tiba dengan selamat di tanah suci. Semoga pula ibadahnya berjalan lancar, sehingga bisa menyandang predikat haji yang mabrur dan kembali ke Kaimana bisa menjadi panutan bagi yang lainnya dalam menjalankan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan,” pungkas Furima sambil meminta para jemaah berdoa untuk Kaimana dan kesukseskan Pesparawi. (isa)

Tinggalkan Balasan