Mantan Bupati Sorsel, Otto Ihalauw didampingi istri, Kapolres, Plh Bupati Sorsel dan Calon Bupati nomor urut dua pada acara ramah tamah di Hotel Mratwa-Sesna, Sorong Selatan, Senin malam lalu.

Lepas Jabatan, Otto Ihalauw Minta Warga Dukung Plh Bupati

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.com— Mantan Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Otto Ihalauw meminta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS), para tokoh dan masyarakat Kabupaten Sorsel untuk mendukung tugas Pelaksana harian (Plh) Bupati Sorsel Ajis.

Otto yang masa jabatannya sebagai Bupati Sorsel telah berakhir pada Minggu (15/11) sesuai kalender demokrasi kepala daerah telah menyerahkan SK penunjukan Plh. Bupati Sorsel kepada Plt. Sekda Ajis sebagai Plh Bupati Sorsel tersebut berdasarkan radiogram Gubernur Papua Barat Nomor 131/57/GPB/2015 tertanggal 13 November yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Abraham Atururi.

Radiogram Gubernur Papua Barat tersebut diserahkan Otto Ihalauw kepada Plh. Bupati Ajis di sela-sela apel pagi sekitar pukul 09:00 wit, Senin (16/11) di halaman Kantor Bupati Sorsel.

Suasana penyerahan SK Plh. Bupati Sorsel tersebut berlangsung haru, dihadiri juga oleh personil TNI/Polri. Usai apel pagi, dilanjutkan dengan berjabatan tangan dengan mantan Bupati Sorsel, Otto Ihalauw.

Otto Ihalauw yang hadir dalam apel pagi hari Senin, tidak lagi menggunakan tanda jabatan sebagai Bupati Sorsel. Pada kesempatan tersebut Otto Ihalauw mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI/ Polri, Pimpinan SKPD, seluruh PNS dan masyarakat Sorsel yang telah memberikan dukungannya selama dirinya memimpin Kabupaten Sorsel selama 12 tahun.

Dalam waktu dekat dirinya akan melaksanakan tugas sebagai PNS di Pemerintah Kabupaten Sorong. Namun sebelum itu, ia juga akan melapor diri terlebih dahulu kepada Bupati Kabupaten Sorong.

Pihaknya berjanji akan kembali bertemu dengan seluruh PNS dan masyarakat Sorsel, usai pelantikan penjabat Bupati Sorsel untuk menyerahkan tongkat estafet.

Sementara itu malam harinya dilangsungkan acara ramah tamah dengan para pimpinan SKPD, PNS, para tokoh masyarakat, dan unsur TNI/ Polri di Hotel Mratwa-Sesna. Acara ramah tamah yang dilaksanakan dari pukul 21:00-23:00 wit itu dihadiri Plh. Bupati Sorsel Ajis Kapolres Sorsel, Kompol Madun P. Narwawan para pimpinan SKPD, dan para tokoh masyarakat.

Otto Ihalauw mengatakan acara ramah tamah yang digelar Pemkab Sorsel ini sebagai bentuk silahturahmi sekaligus menyampaikan kepada masyarakat bahwa dirinya bersama Wabup, Samsudin Anggiluli sudah mengakhiri masa jabatan sebagai Bupati dan Wabup Sorsel pada tanggal 15 November 2015.

Selain itu mensosialisasikan kepada masyarakat terkait isi radiogram yang dikirim oleh Gubernur Papua Barat tentang penunjukan Ajis sebagai Plh. Bupati Sorsel. Gubernur Papua Barat menunjuk Plt. Sekda Sorsel sebagai Plh. Bupati Sorsel guna mengisi kekosongan jabatan Bupati Sorsel sampai ada petunjuk selanjutnya.

Sementara Ajis dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Otto Ihalauw yang telah banyak memberikan pendidikan kepada dirinya selama masih menjabat sebagai Bupati Sorsel.

Untuk itu dirinya meminta dukungan semua pihak, termasuk para pimpinan SKPD dan semua PNS di lingkungan Pemkab Sorsel. “Mari kita sukseskan agenda pembangunan daerah di tahun 2015 ini yang tinggal beberapa bulan ke depan,” ungkapnya.

Pihaknya juga meminta dukungan seluruh masyarakat Sorsel, agar ia bisa melaksanakan tugas Plh. Bupati Sorsel sampai ada petunjuk lebih lanjut terkait Caretaker Bupati Sorsel hadir atau tiba di Sorsel. |NASIR