Kantor-Gubernur-Papua-Barat.

Listrik Kantor Gubernur Papua Barat Akan Pakai Tenaga Surya

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya memenuhi rencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpadu sebesar 2 MW di kantor gubernur Papua Barat Arfai.

ESDM berencana membangun PLTS terpadu itu paling cepat akhir tahun ini atau awal tahun 2016, seperti dikatakan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Papua Barat Jhon Tulus, kemarin.

Jhon mengatakan, keseriusan Kementerian ESDM untuk membangun PLTS terpadu ditandai dengan kunjungan Dirjen Energi Baru dan Terbarukan Kementerian ESDM ke lokasi pembangunan yang terletak di sekitar gedung KPU Papua Barat 1 September pekan lalu. Lokasi yang disiapkan seluas 4 hektar.

Usul pemerintah Papua Barat untuk membangun PLTS terpadu pertama kali dilontarkan dalam kunjungan Kementerian ESDM Agustus lalu ke UNIPA. Awalnya, menurut Jhon, pemerintah berencana membangun 1 MW namun Kementerian ESDM meminta agar dibangun dengan kapasitas lebih besar, 2 MW.

“Jadi kami sudah mengusulkan kembali untuk membangun 2 MW untuk mendukung kebutuhan listrik di sekitar kantor gubernur,” kata Jhon kepada wartawan, Senin (7/9).

PLTS terpadu yang dananya bersumber dari pos APBD Kementerian ESDM ini menurut Jhon nantinya akan dihibahkan kepada pemerintah Papua Barat.

Jhon mengatakan, keperluan daya di kantor gubernur hanya sebesar 1,6 MW sehingga rencananya setelah hibah selesai, pemerintah akan membagi sisa daya PLTS terpadu kepada PLN untuk keperluan konsumen umum. Untuk keperluan tersebut pemerintah sedang berusaha agar jaringan PLTS bisa terkoneksi dengan PLN Manokwari. |DINA RIANTI