Lomba bayi sehat yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Teluk Wondama. | CAHAYAPAPUA.com | Adlu Raharusun

Lomba Bayi Sehat, Cara Wondama Ajak Warga Aktif Posyandu Anak

WONDAMA,CAHAYAPAPUA.com—- Lomba Bayi Sehat yang di selenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BP2KB) Kabupaten Teluk Wondama di Aula Distrik Wasior, Selasa (27/1/2015) lalu, melibatkan 9 Posyandu di bawah Puskesmas Wasior. 

Lomba tersebut melibatkan dua bayi dari tiap puskesmas.Sebelum memulai lomba, bayi tersebut di registrasi sehingga memperoleh nomor peserta dengan kriteria bayi usia nol hingga empat bulan.

Kepala Puskesmas Wasior, dr.  Yohan selaku tim penilai mengatakan, penilaian peserta lomba bayi sehat diantaranya memiliki Kartu Menuju Sehat (KMS), bayi yang rajin di bawah ke posyandu, berat badan sesuai umur/bulan, imunisasi lengkap dan ibu sebagai peserta KB maupun pemberian Asi Ekslusive kepada Bayi dari Ibu.

“Ada pula kriteria khusus meliputi sensorik bayi. Jika dipegang saat sedang bermain dia sensitif atau merespon. Termasuk motoriknya, yaitu aktif terhadap kondisi sekitarnya saat melihat teman disebelahnya bermain,” jelas dr. Yohan.

Pantuan media ini, akhirnya yang keluar sebagai juara adalah Ausel dengan nomor undian 9 dengan memperoleh poin 1.505. Ausel mendapat hadiah uang sebesar satu juta rupiah. Pemenang kedua diraih bayi dengan nomor peserta 01 dengan nilai 470, dan berhak membawa pulang hadiah sebesar 700 ribu rupiah.

Di tempat ketiga, bayi nomor peserta 13 dengan mendapatkan hadiah 500 ribu rupiah. Juara harapan satu, bayi nomor peserta 17 memperoleh hadiah sebesar 300 ribu rupiah. Sama halnya dengan juara harapan dua dengan nomor peserta 8.

Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Teluk Wondama, Yohana Wainira, mengatakan tujuan digelarnya lomba ini untuk memotivasi orang tua untuk membawa bayinya yang berusia nol hingga empat bulan ke posyandu.“Hal yang lebih utama mendorong para ibu untuk rutin memberikan Asi ekslusive kepada bayinya, sebab efektif bagi kesehatan bayi,” ujarnya.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Staf Ahli Bidang Pemberdayaan Perempuan Setda Kabupaten Teluk Wondama, Yulia Ingrit Manusiawa Karubuy, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Eka Woisiri  bersama kepala bidang dan staf pegawainya. |ADLU RAHARUSUN

Tinggalkan Balasan