Suasana Kampung Webi Distrik Rasiei yang tampak rapi dan tertata karena mengikuti lomba kampung tingkat kabupaten.

Lomba kampung untuk motivasi masyarakat bangun kampung

WASIOR, Cahayapapua.com— Sepuluh distrik dari total 13 distrik di Kabupaten Teluk Wondama memastikan ikut ambil bagian dalam lomba kampung tingkat kabupaten tahun 2017.

Lomba kampung yang dikoordinir Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) bertujuan memotivasi masyarakat untuk peduli terhadap pembangunan di kampung. Aspek yang menjadi objek utama penilaian antara lain administrasi kampung, infrastruktur, kebersihan dan keindahan serta partisipasi masyarakat.

Tahapan penilaian telah dimulai Senin kemarin. Kampung Webi yang mewakili distrik Rasiei menjadi lokasi pertama yang didatangi tim penilai.

Asisten Bidang Pemerintahan Jack Reynold Ayamiseba dalam kesempatan itu menekankan lomba kampung bukan sekedar untuk mencari kampung yang terbersih dan terindah lantas diberikan piala kemenangan maupun aneka hadiah lainnya.

Esensi lomba kampung adalah mendorong masyarakat untuk bisa bergerak maju memanfaatkan potensi yang ada di kampung demi mencapai kesejahteraan.

“Kampung kalau ditata dengan baik maka pemberdayaan jalan sehingga pada akhirnya terwujud kesejahteraan. Jadi juara bukan tujuan utama dari kegiatan ini tapi bagaimana kampung ini jadi maju, berkembang dan mandiri,” ujar Ayamiseba.

Kepala Dinas PMK Hendrik Rico Tetelepta menambahkan lomba kampung tahun ini sengaja dibuat dalam bulan Agustus untuk memeriahkan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-72.

Pengumuman pemenang termasuk penyerahan hadiah dilakukan pada resepsi HUT Proklamasi pada 17 Agustus mendatang. Adapun tiga distrik yang tidak ikut berpartipasi adalah distrik Naikere, Roswar dan Nikiwar.

“Kita putuskan setiap distrik diwakili satu kampung supaya bisa jadi motivasi bagi kampung lain,” ucap Tetelepta. (brv)

Tinggalkan Balasan