Yan Christian Warinussy, Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari

LP3BH dukung sikap politik Negara Pasifik suarakan HAM Papua 

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari mendukung sikap dan langkah politik Negara Pasifik menyuarakan masalah dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Tanah Papua.

“Sebagai organisasi masyarakat sipil yang aktif fokus bergerak pada upaya penegakan dan perlindungan hukum, khususnya Orang Asli Papua (OAP), kami sangat  mendukung sikap politik Negara Pasifik agar persoalan dugaan pelanggaran HAM di Tanah Papua bisa diselesaikan,” kata Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussi melalui siaran persnya, Rabu (4/10).

Menurutnya, persoalan dugaan penggaran HAM di Tanah Papua sudah berlangsung lebih dari 50 tahun. Semestinya hal ini bisa dituntaskan secara hukum yang adil dan bermartabat oleh Pemerintah Indonesia.

Oleh karena itu, sudah saatnya permasalahan ini dibawa dan diselesaikan menurut mekanisme hukum Internasional dibawah pengawasan PBB melalui dewan HAM PBB (the United Nations Human Rights Council/UNHRC) dan majelis umum PBB (the United Nations General Assembly/UNGA).

“LP3BH minta majelis umum PBB segera mengeluarkan resolusi bagi penyelesaian persoalan pelanggaran HAM di Tanah Papua melalui mekanisme Internasional. Yaitu diawali dengan mengirimkan pelapor khusus (Special Rapporteur) di bidang extra judicial killing (pembunuhan di luar proses hukum). Ini berkaitan dengan usulan agar PBB memfasilitasi dialog OAP, sebagai upaya penyelesaian masalah pelanggaran HAM di Tanah Papua,” ucap Warinussy.

“LP3BH juga menghimbau agar majelis umum PBB mempertimbangkan secara seksama dan teliti melalui tinjauan hukum yang mendalam atas semua laporan dan pernyataan para pemimpin Negara Pasifik mengenai kasus dugaan pelanggaran HAM di Tanah Papua,” pungkasnya. (cr-80) 

Leave a Reply