Yan Christian Warinussy, Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari

LP3BH telusuri tragedi penembakan Arfai 1965

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, terus menelusuri untuk mengungkap tragedi penembakan yang diduga menewaskan ribuan Orang Asli Papua (OAP) di bukit Arfai Manokwari, 1965-1969.

“Saya menyatakan bahwa sejak tahun 2000 atau tepatnya 17 tahun yang lalu, kami telah melakukan studi dan kajian terhadap dugaan adanya tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat yang diduga terjadi antara 1965-1969 di bukit Arfay Manokwari,” ungkap Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, Senin (23/10/2017).

Dikemukakan, tindakan yang diduga keras melibatkan sejumlah oknum aparat bersenjata tersebut, diduga telah menewaskan sekitar 53 jiwa OAP yang tak bersalah. Dan hingga saat ini kasusnya belum pernah diselesaikan secara hukum oleh Pemerintah Indonesia.

“Rupanya hal ini makin nyata, dengan dibukanya 39 buah dokumen setebal 30.000 halaman berisi sejumlah telegram yang merupakan catatan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, antara tahun 1964 hinggfa 1968. Keberadaan dokumen telegram tersebut dapat menjadi bukti hukum yang kuat bagi rakyat Papua, terutama keluarga para korban peristiwa dugaan pelanggaran HAM 1965 tersebut, untuk dapat mendesak dilakukannya investigasi berdasarkan Undang-undang Nomor 26 Tahun 2000 Tentang Pengadilan HAM,” papar Warinussy.

“Saya berharap Dewan HAM Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Jenewa-Swiss agar dapat mengirimkan Pelapor Khusus di bidang Extra Judicial Killing (Pembunuhan kilat di luar proses hukum) untuk dapat segera mengunjungi Tanah Papua, untuk melihat dari dekat jejak dari dugaan peristiwa pelanggaran HAM. Dan meminta dukungan dan pemberian akses yang seluas-luasnya dari Pemerintah Daerah Papua Barat dan TNI serta Polri di Papua Barat demi tegaknya hukum dan terlindunginya hak-hak asasi manusia rakyat Papua, khususnya keluarga para korban,” pungkas peraih penghargaan Internasional di Bidang HAM John Humphrey Freedom Award tahun 2005 di Canada ini. (tnj)

Leave a Reply

%d bloggers like this: