Pegunungan Arfak
Pegunungan Arfak

LSM Sarankan Pegaf Bangun Kerja Sama Perdagangan dengan Kabupaten Lain

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Direktur Kamuki Sena Aji Bagus menyarankan pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak membangun kerja sama perdagangan dengan kabupaten lain di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dia menjelaskan, Pegunungan Arfak memiliki potensi besar pada sektor pertanian, terutama untuk tanaman sayur dan buah-buahan dataran tinggi. Ia mendukung itikat pemerintah daerah yang hendak menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu prioritas program kerja.

“Kerjasama perdagangan antar daerah bertujuan untuk membuka pasar bagi produksi pertanian yang selama ini dikembangkan masyarakat Arfak. Disisi lain, melalui kerjasama tersebut komoditas yang belum diproduksi bisa didatangkan dari daerah lain,” kata Sena, Minggu (20/11).

Untuk mendukung program tersebut, menurutnya penting bagi pemerintah daerah untuk membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Keberadaan BUMD diharapkan bisa menampung seluruh hasil pertanian warga.

Disisi lain, kata dia, BUMD bisa membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), terutama dari sektor pertanian dan perdagangan.

Senada dengan keterangan Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan beberapa waktu lalu, penerapan pola pertanian di daerah ini harus mempertimbangkan keberlangsungan dan dampak bencana.

Menurutnya pemerintah atau petani tidak perlu membuka lahan baru untuk pertanian. Cukup dengan mengoptimalkan lahan pertanian yang sudah ada saat ini. Hal ini penting untuk mengurangi dampak kerusakan alam dan bencana longsor.

“Bagus jika dikombinasikan antara program pertanian dengan pengembangan Pariwisata. Konsep agrowisata bisa menjadi pilihan pemerintah,” ujarnya lagi. (IBN)

Tinggalkan Balasan