ilustrasi_dana_otsus

Mahasiswa Deklarasi AMPP, Dibentuk untuk Awasi Impelemntasi Otsus

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Papua (AMPP) resmi dideklarasikan Selasa (29/9/2015) di halaman asrama mahasiswa Vilanova Amban, Manokwari.

Sekretaris Jenderal AMPP, Hugo Asrouw menyatakan AMPP dibentuk untuk mengawasi kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan dan peningkatan sumberdaya manusia masyarakat Papua khususnya orang asli Papua di Papua Barat.

Fokus AMPP adalah menyoroti soal dinamika sosial, politik, ekonomi, penegakan hukum, akses layanan pendidikan, kesehatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di Papua Barat.

“Otsus di Papua yang sudah berjalan selama 14 tahun belum dilaksanakan secara maksimal melalui berbagai kebijakan pemerintah daerah dan pusat sehingga kehadiran AMPP dapat menjadi wadah yang dapat dipercaya masyarakat dan pemerintahan provinsi dan kabupaten kota se Papua Barat dalam mengawasi implementasinya,” kata Hugo.

Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, Yoteni, yang menjadi pembicara dalam deklarasi meminta AMPP secara konsisten mengawasi implementasi Otsus di Papua Barat. Ia menyatakan, bersama 10 anggota DPRPB dari Fraksi Otsus tidak mampu mendorong kebijakan yang berpihak kepada masyarakat asli Papua karena dihadapkan dengan dua “suanggi besar” yang selalu menghalangi semangat fraksi Otsus dalam mendorong kebijakan afirmasi bagi orang Papua.

“Suanggi besar itu ada 2 di dalam DPR. Suanggi pertama adalah mekanisme dan suanggi kedua adalah quorum. Mekanisme dan kuorum ini adalah dua suanggi besar yang akan menghambat, ketika bicara tentang keberpihakan terhadap orang asli Papua tanpa melalui mekanisme,” kata Yoteni. |RIZALDY